8 Fungsi Jas Laboratorium yang Wajib Digunakan untuk Keselamatan Kerja

Laboratorium merupakan tempat yang sering digunakan untuk melakukan penelitian, eksperimen ilmiah atau pengujian. Ketika memasuki ruangan ini Anda harus menggunakan jas laboratorium. Tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan karena fungsi jas laboratorium sangatlah krusial.

Manfaat jas laboratorium adalah untuk menjaga kesehatan dan keselamatan. Jas laboratorium menjadi salah satu alat pelindung diri atau APD. Jas laboratorium sama pentingnya dengan masker, sepatu safety, sarung tangan, kacamata safety, dan helm.

Standar Jas Laboratorium

Jas laboratorium, Sumber: oxfordedu.ca
Jas laboratorium, Sumber: oxfordedu.ca

Ada standar berbeda yang diberlakukan untuk jas laboratorium. Jas laboratorium kimia dengan jasa laboratorium farmasi atau fisika tentu memiliki spesifikasi yang berbeda. Untuk laboratorium klinis dan biologis ada yang menggunakan bahan sekali pakai. 

Namun ada juga laboratorium yang menggunakan jas dari bahan polyester katun, katun tahan api, atau material nomeks. Pemilihan bahan untuk membuat jas disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing laboratorium. 

Sedangkan desain jas laboratorium secara umum adalah memiliki bagian penutup atau pengancing, saku, lengan panjang, panjang jas sampai menutup lutut, dan kerah bentuk v. Untuk perlindungan ekstra ada juga jas yang menggunakan kerah tinggi sampai leher dan manset di bagian ujung lengan. 

Fungsi Jas Laboratorium

Fungsi penggunaan jas di laboratorium, Sumber: caspercollege.edu
Fungsi penggunaan jas di laboratorium, Sumber: caspercollege.edu

Jas laboratorium berfungsi untuk memproteksi diri dari paparan bahan-bahan berbahaya atau mikroorganisme yang ada di laboratorium. Selain untuk melindungi tubuh, jas laboratorium juga menciptakan lingkungan kerja yang lebih steril sehingga hasil penelitian lebih akurat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah fungsi lengkap dari jas laboratorium. 

1. Melindungi Diri dari Bahan Kimia

Fungsi utama dari jas laboratorium yaitu untuk melindungi diri dari paparan cairan maupun bahan-bahan kimia yang bisa membahayakan kulit. Bahan kimia yang berpotensi bisa merusak kulit antara lain adalah H2SO4 pekat, HN03 pekat, senyawa eter, dan etanol. 

Jika secara tidak sengaja kulit terkena bahan-bahan tersebut, maka bisa timbul iritasi atau luka bakar. Dalam kondisi terburuk bahkan bisa membuat orang yang terpapar mengalami gangguan sistem pernapasan atau muncul penyakit tertentu. 

2. Melindungi Diri dari Pecahan

Fungsi jas laboratorium yang kedua yaitu untuk melindungi diri dari pecahan gelas atau alat praktikum. Dalam kegiatan eksperimen maupun pengujian akan sering melibatkan penggunaan peralatan yang terbuat dari kaca dan alat-alat yang mudah pecah. 

Tidak menutup kemungkinan saat kegiatan berlangsung akan terjadi kecelakaan kerja. Pecahan kaca atau benda tajam bisa menyebabkan luka serius. Jas laboratorium dirancang secara khusus untuk memberi perlindungan terhadap risiko tersebut. 

3. Perlindungan Terhadap Bahan Infeksius

Melindungi dari bahan-bahan infeksius, Sumber: itenas.ac.id
Melindungi dari bahan-bahan infeksius, Sumber: itenas.ac.id

Di dalam sebuah laboratorium biologi atau laboratorium medis, jas lab berguna untuk menghalangi penyebaran penyakit atau infeksi. Jas laboratorium bisa melindungi Anda dari kontaminasi dengan bahan infeksi seperti kuman, bakteri, atau virus. 

Ketika Anda menggunakan jas lab yang sesuai dengan standar, risiko tertular oleh penyakit dari bahan infeksius selama melakukan kegiatan eksperimen atau pengujian di laboratorium bisa dihindari. 

4. Mencegah Kontaminasi Silang

Penggunaan jas lab bisa mencegah kontaminasi silang antar percobaan atau antar area kerja di dalam laboratorium. Pentingnya mencegah kontaminasi bahan atau sampel yang diuji adalah untuk memastikan keakuratan dan keandalan hasil eksperimen. 

Oleh karena itu jas laboratorium dibuat menggunakan jenis kain khusus yang memiliki sifat anti air dan tahan terhadap paparan zat kimia. Contohnya adalah kain katun, kain rayon, kain modacrylic, dan kain nilon. 

5. Melindungi Pakaian

Fungsi jas laboratorium yang tak kalah penting yaitu untuk melindungi pakaian. Dengan menggunakan jas pakaian yang Anda kenakan akan terlindungi dari kontaminasi atau kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia, percikan, atau tumpahan. 

Oleh karena itu jas laboratorium biasanya dilengkapi dengan kancing atau resleting agar bisa menutup rapat bagian depan. Sedangkan pada bagian pergelangan tangan dilengkapi dengan karet, sehingga bahan-bahan berbahaya tidak bisa masuk. 

6. Perlindungan Terhadap Radiasi

Selain virus, bakteri, dan bahan kimia, jas laboratorium juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap radiasi. Ketika menggunakan jas laboratorium, Anda mendapat perlindungan dari radiasi karena adanya penghalang fisik antara tubuh dengan sumber radiasi. 

Bahkan penggunaan jas laboratorium sering menjadi bagian dari kepatuhan terhadap standar keselamatan dan peraturan di bidang tertentu. Hal ini bertujuan untuk melindungi peneliti atau pekerja di dalam laboratorium dari paparan radiasi. 

7. Menunjukkan Profesionalisme

Menunjukkan profesionalisme, Sumber: laclothing.co.uk
Menunjukkan profesionalisme, Sumber: laclothing.co.uk

Fungsi jas laboratorium bisa untuk menunjukkan profesionalisme. Petugas yang menggunakan jas laboratorium menunjukkan komitmen terhadap standar kualitas dan keselamatan di dalam laboratorium. 

Hal itu bisa menunjukkan sikap serius terhadap penelitian atau pekerjaan yang dilakukan. Di samping itu penggunaan jas juga mampu mencerminkan kedisiplinan dan tanggung jawab yang merupakan aspek penting dari profesionalisme. 

8. Sebagai Alat Identifikasi

Jas laboratorium biasanya dilengkapi dengan ciri khusus seperti warna atau nama dan jabatan pengguna. Hal tersebut bisa mempermudah orang untuk melakukan identifikasi peran dan tanggung jawab masing-masing orang yang ada di lingkungan laboratorium. 

Itulah 8 fungsi jas laboratorium yang perlu Anda ketahui. Manfaat jas laboratorium hanya bisa Anda rasakan jika jas yang digunakan telah memenuhi standar. Oleh karena itu pastikan Anda membeli atau memesan jas laboratorium di tempat yang tepat, yaitu JKID. 

Kami merupakan produsen jas lab berkualitas yang nyaman dan mampu memberikan perlindungan secara maksimal. Selain itu JKID juga menyediakan jasa sablon kaos Jogja yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kaos, kemeja, jaket, topi, hingga souvenir. 

Dengan dukungan dari tenaga kerja yang terampil, JKID siap memenuhi kebutuhan jas laboratorium dan gaya berbusana Anda. Segera hubungi kontak kami sekarang juga untuk melakukan pemesanan dan dapatkan produk-produk berkualitas dengan harga yang bersahabat.

Leave a Comment