7 Jenis Kain Bahan Crinkle Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Kain bahan crinkle adalah bahan pakaian yang tengah naik daun di dunia fashion. Bahan ini  juga dikenal sebagai bahan kulit jeruk karena memiliki tekstur unik yang menyerupai kulit jeruk.

Dimana tekstur tersebut tercipta dari proses pengerjaan kain yang dikerutkan dengan metode di press atau di steam. 

Meski awalnya orang-orang menyangka bahwa kain crinkle akan terasa tidak nyaman jika menempel di kulit karena tekstur uniknya. Justru keunikan tekstur dari bahan inilah yang membawakan kenyaman maksimal.

Sebab, bahan crinkle ini memiliki permukaan kain yang terasa lembut, adem, ringan, dan nyaman saat digunakan. 

Keunikan bahan crinkle inilah yang menjadi salah satu alasan yang membuatnya populer di kalangan orang-orang yang menghargai kenyamanan, terutama dalam cuaca panas.

Di samping itu, crinkle juga memiliki kualitas yang baik dan memiliki daya tahan yang optimal. Kain bahan crinkle cenderung tidak mudah luntur atau rusak, dengan begitu kain ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Seperti halnya dengan kain bahan lainnya, crinkle juga memiliki berbagai jenis yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keunikan bahan crinkle membuatnya populer di kalangan orang-orang yang menghargai kenyamanan, terutama dalam cuaca panas.

Jenis-Jenis Bahan Crinkle

Jika Anda tertarik untuk membuat pakaian dari bahan crinkle, maka penting bagi Anda untuk mengenal jenis-jenis bahan crinkle terlebih dahulu. 

Hal ini akan membantu Anda dalam memilih kain yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Jadi, mari kita simak panduan ini sebagai referensi saat Anda berada di toko kain:

1. Bahan Crinkle Crepe

Jenis bahan crinkle crepe, Sumber: chinesesilk.com
Jenis bahan crinkle crepe, Sumber: chinesesilk.com

Jenis crinkle yang pertama adalah crinkle crepe, bahan yang menawarkan pengalaman unik dengan tekstur yang cenderung lebih kasar. 

Dimana kesan kasar ini diperoleh melalui proses tenun yang beragam, sehingga terbentuk karakteristik serat yang sangat lembut dan elastis. Tak berhenti disini saja, kelebihan crinkle crepe juga terletak pada sifatnya yang sangat nyaman dan elastis.

Sifat ini membuatnya menjadi pilihan yang pas untuk warga Indonesia, yang dikenal sebagai daerah tropis. Meski digunakan seharian, kain ini tetap memberikan kenyaman yang optimal.

2. Bahan Crinkle Shawl

Selanjutnya, ada kain crinkle shawl, varian bahan crinkle yang unik dengan bobot ringan dan tekstur yang lebih bergelombang. 

Di samping itu, bahan juga termasuk bahan yang mudah diatur, maka tak heran jika bahan ini sering digunakan untuk membuat kerudung pashmina

Bahkan, saat ini Anda bisa menemukan berbagai kerudung pashmina crinkle shawl dengan warna dan pola yang bervariasi. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam menyesuaikan kerudung tersebut dengan pakaian Anda.

3. Bahan Crinkle Silk

Bahan crinkle silk, Sumber: alburda.co
Bahan crinkle silk, Sumber: alburda.co

Apa itu bahan crinkle silk? Crinkle silk adalah bahan crinkle yang memancarkan kemewahan karena terbuat dari 100% benang sutra. 

Sebab terbuat dari benang sutra yang mampu menyerap warna dengan baik, Anda akan menemukan banyak varian kain crinkle silk yang memiliki warna cerah dan tajam. 

Itulah kenapa, crinkle silk sering dijadikan bahan paling diandalkan oleh para sablon kaos Jogja dan sekitarnya untuk berbagai produk fashion. Mulai dari maxi dress hingga blouse wanita.

Meskipun kain bahan crinkle silk cenderung lebih tipis, hal itu bisa diatasi dengan penambahan layer crinkle silk atau furing selama proses produksinya.

4. Bahan Crinkle Cotton

Berbeda dengan crinkle silk, bahan crinkle cotton terbuat dari katun. Hal ini membuat setiap pakaian yang terbuat dari bahan ini terasa luar biasa nyaman saat dipakai, bahkan saat beraktivitas sepanjang hari. 

Perawatannya pun cukup mudah, karena crinkle cotton cenderung tahan kusut dan mudah diatur sehingga Anda akan merasakan kenyamanan ekstra saat menggunakan kain ini sehari-hari.

5. Bahan Crinkle Miyake

Jenis bahan crinkle satu ini sangat populer di negara sakura yakni Jepang. Hal ini terlihat dari banyaknya fashion di Jepang yang terbuat dari bahan crinkle miyake.

Sebab, bahan tersebut mampu memberikan tingkat keamanan maksimal untuk menemani kegiatan sehari-hari para pemakainya. Selain itu, bahan crinkle miyake umumnya memiliki daya tahan yang baik dan kualitas yang unggul.

6. Bahan Crinkle Airflow

Jika Anda menginginkan bahan dengan kesan jatuh yang indah dan memberikan kesejukan saat menyentuh kulit, crinkle airflow bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda. Sebab kain crinkle ini termasuk pada bahan kain yang halus dan lembut.

Selain itu, crinkle airflow cenderung sangat ringan dan tidak menerawang, sehingga Anda akan mendapatkan pengalaman berpakaian yang menyenangkan tanpa perlu mengkhawatirkan apapun.

7. Bahan Crinkle Rayon

Jenis bahan crinkle rayon, Sumber: blibli.com
Jenis bahan crinkle rayon, Sumber: blibli.com

Last but not least, jenis crinkle lainnya adalah jenis bahan rayon. Seperti namanya, kain ini terbuat dari 100% bahan rayon. 

Keistimewaan crinkle rayon terletak pada kelembutan dan ringannya, membuatnya sangat cocok untuk berbagai kebutuhan yang mengutamakan kenyamanan. 

Baik untuk pakaian sehari-hari maupun produk-produk rumah tangga, crinkle rayon akan memenuhi kebutuhan Anda dengan sentuhan lembutnya yang menyenangkan. Seperti daster, mukena, syal, hingga sarung bantal.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis bahan crinkle dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga dengan pemahaman ini, Anda dapat dengan lebih mudah memilih jenis bahan crinkle yang sesuai dengan kebutuhan dan selera pribadi Anda. 

Sebab, setiap jenis kain bahan crinkle mampu memberikan pengalaman unik, memberi Anda kesempatan untuk mengekspresikan gaya dan kenyamanan Anda melalui pilihan pakaian yang tepat. 

Meski begitu, Anda juga perlu melakukan langkah perawatan yang tepat jika akhirnya Anda memiliki salah satu jenis kain crinkle ini. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan dan kenyamanan kain tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Leave a Comment