6 Jenis Kain Serat Alami yang Populer di Industri Tekstil

Pakaian yang nyaman terbuat dari kain yang berkualitas, dan untuk mendapatkannya dibutuhkan serat berkualitas pula. Pada prinsipnya serat dikategorikan menjadi serat alami dan serat sintetis. Dari sinilah akhirnya muncul istilah kain serat alami dan kain serat sintetis. Tapi kali ini, kami akan mengulas tuntas tentang jenis kain serat alami.

Sejalan dengan namanya, kain serat alami adalah serat yang bahan baku utamanya sepenuhnya berasal dari alam, bisa tanaman (serat selulosa) maupun hewan. Jenis serat tumbuhan bisa diambil dari bagian batang, biji, atau daunnya. Sementara serat alami dari binatang berasal dari rambut/ atau bulunya.

Jika dibandingkan serat sintetis, serat alami dinilai memiliki banyak keunggulan. Dari sifat seratnya yang dingin hingga mudah terurai. Kelebihan-kelebihan itulah yang menjadikan serat alami banyak diminati untuk diolah sebagai kain. Mungkin salah satunya untuk kain dari pakaian yang sering kita kenakan.

Jenis -Jenis Kain Serat Alami

Sebagian besar dari kita pastinya sudah tahu beberapa serat dari bahan alami seperti serat sutra, wol, hingga kapas. Namun selain itu, masih terdapat beberapa jenis kain serat alami yang sering dimanfaatkan dalam industri tekstil. Diantaranya meliputi: 

1. Serat Sutra

Serat kain sutra, Sumber: orami.co.id
Serat kain sutra, Sumber: orami.co.id

Siapa yang tidak kenal dengan serat satu ini? Serat yang diperoleh dari kepompong ulat sutra, tepatnya ulat sutra murbei ini sangat familiar di dunia fashion. Karena begitu populer, saat ini banyak petani yang sengaja membudidayakan ulat sutra agar bisa menghasilkan seratnya secara konsisten. 

Serat kain sutra terkenal karena tampilannya yang cenderung berkilau dengan tekstur serat yang halus, lembut, dan tidak licin. Bahkan bahan sutra juga relatif lebih ringan tetapi kuat. Meskipun begitu, kualitas kain sutra dapat menurun jika terlalu sering terpapar sinar matahari langsung.

Pun, serat ini memiliki elastisitas yang kurang baik. Dalam dunia fashion serat sutra dimanfaatkan sebagai bahan baku membuat kemeja, dasi, gaun, piyama, dan lain sebagainya. Namun di luar itu, serat sutra juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan perban medis, spons bedak, sarung bantal dan guling, hingga taplak meja.

2. Serat Wol

Tidak hanya sutra, wol juga termasuk serat alami yang paling sering dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat pakaian, yang kerap disebut dengan kain wol. Serat wol sendiri banyak didapatkan dari bulu hewan seperti domba, kambing, dan di beberapa negara terbuat dari hewan alpaca. 

Serat wol sendiri mempunyai karakteristik yang cenderung elastis, tampilan yang terlihat berkerut, mudah menyerap kelembaban, memiliki tingkat pelepasan panas dan penyebaran api yang lebih rendah, lebih hangat, serta tahan terhadap listrik statis. 

Mengingat karakteristik dan bahan asal serat kain wol ini dari hewan, maka produk olahannya pun beragam. Serat kain alami dari hewan satu ini sering dimanfaatkan untuk membuat jaket, baju hangat, jas, hingga topi. Di samping itu, karena seratnya yang lebih hangat, wol juga kerap dimanfaatkan untuk membuat karpet dan selimut.

3. Serat Goni

Serat kain alami yang juga tidak kalah populer di kalangan masyarakat adalah serat goni. Berbeda dengan serat alami lainnya, serat goni yang terbuat dari pohon goni seringkali dimanfaatkan sebagai bahan baku pengikat untuk kain kasur, kain kursi, tirai, karpet, dan lain sebagainya.

Tidak dimanfaatkan untuk bahan baku pembuat pakaian karena seratnya yang sangat kasar. Karakteristik dari kain serat alami satu ini diantaranya kekuatan kurang baik, tekstur kaku dan tidak rata, tidak bisa diwarnai dengan warna putih, sangat mudah menyerap air.

4. Serat Kapas

Serat kapas, Sumber: knitto.co.id
Serat kapas, Sumber: knitto.co.id

Serat alami dari kapas juga tidak ketinggalan untuk dijadikan sebagai bahan pembuat kain khususnya untuk pakaian, yang kita kenal dengan kain katun. Kapas adalah salah satu serat selulosa alami yang terbuat dari buah kapas dan karakteristiknya sangat cocok diolah menjadi kain.

Serat kapas memiliki kekuatan cukup baik, tekstur lembut, daya serapnya relatif baik, bisa menahan panas, dan warnanya putih bersih. Ketika diolah menjadi kain katun, akan memiliki hasil akhir yang tidak mudah panas sekalipun digunakan ketika cuaca panas dan tidak mudah dingin meskipun sedang dalam cuaca dingin. 

Meskipun begitu, serat kain alami satu ini memiliki elastisitas rendah, kualitasnya menurun jika sering terpapar sinar matahari langsung, dan rentan terhadap kerutan. Selain dimanfaatkan sebagai bahan baku kain pakaian, serat kapas juga sering dimanfaatkan untuk membuat handuk hingga jubah mandi.

5. Serat Linen

Seperti halnya serat kapas, serat kain linen juga terbuat dari serat alami tumbuhan. Sebagai bahan baku pembuat kain, linen cenderung lebih sulit dan memakan waktu panjang dalam pengolahannya. Karena alasan itulah, pemanfaatannya sebagai kain sangat terbatas. 

Serat linen sendiri termasuk jenis serat nabati yang paling kuat. Meskipun termasuk serat yang tidak elastis dan sangat mudah kusut, tetapi kain dari serat linen mempunyai permukaan yang halus, berkilau, dan lembut di kulit.

Selain itu, daya serapnya pun sangat tinggi, jadi tidak heran jika pakaian dari linen akan sangat sejuk jika digunakan. Berbagai keunggulan itulah yang akhirnya menjadikan pakaian dari linen memiliki harga relatif tinggi.

6. Serat Rami

Serat rami, Sumber: lakumas.com
Serat rami, Sumber: lakumas.com

Serat kain alami yang terakhir ada serat rami. Untuk yang satu ini bagi sebagian orang mungkin sedikit kurang familiar tetapi faktanya serat rami sudah ada sejak zaman dahulu. Serat rami sendiri adalah serat kain alami yang berasal dari tanaman dengan nama Boehmeria Nivea.

Tanaman ini umumnya dimanfaatkan sebagai bahan utama pembungkus mumi oleh masyarakat China. Serat rami terkenal dengan karakteristik yang tahan jamur dan bakteri, juga warna putih berkilau. Jadi, tidak heran jika banyak orang memanfaatkan serat kain alami satu ini untuk membuat berbagai produk yang bernilai jual tinggi.

Demikianlah beberapa jenis kain serat alami yang lazim digunakan dalam dunia tekstil. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa memilih produk dari serat alami manakah yang sesuai kebutuhan dan preferensi fashion Anda.

Sebagai informasi tambahan, bagi Anda yang membutuhkan jasa sablon kaos Jogja dengan hasil berkualitas dan tetap ramah di kantong, bisa mempercayakannya kepada JKID. Karena JKID dapat mewujudkan apa yang setiap klien inginkan!

Leave a Comment