Berikut 6 Hal Penting Seputar Wearpack Mekanik

Wearpack mekanik merupakan salah satu intrumen penting dalam sebuah pekerjaan. Khususnya pekerjaan berat yang membutuhkan kerja sama tim serta memiliki resiko kerja yang cukup tinggi dikarenakan karakteristik pekerjaan itu sendiri yang memang bersinggungan langsung dengan benda-benda mekanik.

Oleh karena itu diperlukan sejumlah langkah preventif yang memadai untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang memungkinkan terjadi. Baik pencegahan yang sifatnya internal maupun eksternal. Termasuk dalam hal ini adalah ketersediaan wearpack mekanik.

Mengenal Wearpack Mekanik

Wearpack merupakan pakaian keselamatan kerja yang umumnya dipakai atau bahkan wajib dipakai pada beberapa bidang pekerjaan tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan kerja atau hal-hal yang kurang diinginkan selama pekerjaan berlangsung.

Wearpack Hyundai. Sumber : unsplash.com
Wearpack Hyundai. Sumber : unsplash.com

Berbagai bentuk kecelakaan kerja bisa terjadi karena faktor internal, yaitu kelalaian pekerja, bisa juga dikarenakan faktor eksternal. Untuk mengantisipasi kemungkinanan-kemungkinan kecelakaan kerja, baik internal maupun eksternal inilah yang menjadikan pakaian keselamataan menjadi penting.

1. Penggunaan Wearpack Mekanik

Wearpack wajib digunakan bagi pekerja yang memiliki profesi kerja khusus dengan tingkat kesulitan yang tinggi serta tingkat resiko yang juga tinggi. Sehingga dengan tingkat resiko yang tinggi tersebut para pekerja tidak cukup hanya dengan mengandalkan celana jeans, namun juga membutuhkan pengamanan khusus yang memadai.

Jenis pekerjaan seperti itu antara lain seperti pekerja tambang, pekerja mekanik mulai dari kendaraan bermotor sampai dengan kapal, pemadam kebakaran, maupun pekerja outdoor dan pekerjaan sejenis yang membutuhkan pengamanan khusus.

2. Fungsi Wearpack

Fungsi wearpack pada umumnya adalah memberikan perlindungan fisik atau tubuh dari hal-hal yang dapat membahayakan atau mengakibatkan cedera saat bekerja. Sedangkan tingkat perlindungan yang diberikan berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Wearpack selain memiliki fungsi perlindungan, juga memiliki fungsi tambahan. Fungsi tambahan di sini adalah fungsi identitas. Yaitu sebagai identitas perusahaan sampai dengan identitas jabatan dalam perusahaan itu sendiri. Ambil contoh seragam untuk jasa pembuatan balkon dan sebagainya.

Perlindungan wearpack mekanik. Sumber : unsplash.com
Perlindungan wearpack mekanik. Sumber : unsplash.com

Dengan fungsinya sebagai identitas, kadang seragam wearpack dibuat dengan warna yang berbeda-beda antar devisi misalnya, atau antar bagian dan seterusnya. Hal ini bukan hanya untuk memudahkan identifikasi pihak eksternal, namun juga memudahkan satu sama lain pekerja di lintas bagian untuk bisa saling mengenali bagian masing-masing.

3. Jenis Wearpack Mekanik

Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, wearpack dibagi menjadi dua jenis. Yaitu wearpack safety dan wearpack biasa. Keduanya tetap mempunyai fungsi yang sama sebagai alat pelindung diri. Namun terdapat perbedaan pada prioritas perlindungannya.

Wearpack Safety

Wearpack safety sebagaimana sebutannya merupakan pakaian keselamatan yang dirancang dengan rancangan khusus, dibuat dengan bahan khusus seperti bahan anti api dan umumnya dilengkapi dengan bahan reflective (scotlite), dan diperuntukkan untuk jenis pekerjaan yang memang membutuhkan prioritas perlindungan tingkat tinggi.

Wearpack Biasa

Sedangkan wearpack biasa diperuntukkan untuk jenis pekerjaan dengaan tingkat perlindungan sedang. Fungsinya sebagaimana fungsi seragam kerja pada umumnya, dengan desain yang lebih sederhana ketimbang wearpack safety.

4. Bahan Pembuatan Wearpack

Faktor bahan untuk wearpack baik wearpack safety maupun wearpack biasa menjadi salah satu faktor penting dalam perancangan wearpack yang baik dan aman. Sebab, berbeda jenis pekerjaan serta karakteristik resiko, maka berbeda pula bahan yang dibutuhkan serta berbeda dalam perawatan.

Bahan Standar

Bahan standar maksudnya adalah material yang biasa digunakan untuk wearpack dengan kain yang memiliki pola rajutan kuat, tidak mudah robek, dan memiliki ketebalan tertentu sesuai dengan kebutuhan. Sehingga bisa berbeda antara wearpack jasa speedometer custom dengan wearpack mekanik kapal misalnya.

Bahan Khusus

Berbeda dengan bahan standar, untuk bahan khusus ini pemilihan bahan kainnya mengharuskan ada karakteristik khusus seperti khusus seperti anti api, anti air dan lain sebagainya. Karakteristik ini lagi-lagi menyesuaikan dengan kebutuhan atau karakteristik bahaya kerja itu sendiri.

Untuk jenis pekerjaan seperti pemadam kebakaran misalnya. maka bahan atau material wearpack safety bayang harus digunakan adalah material anti api. Demikian seterusnya. tak lupa juga turut mempertimbangkan faktor kenyamanan bahan untuk penggunaan dalam jangka waktu yang terkadang tidak sebentar.

Bahan Scotlight

Selain bahan biasa dan juga bahan khusus, ada juga bahan scotlight. Bahan ini tidak lain adalah bahan pemantul cahaya yang umumnya menjadi instrumen tambahan pada seragam wearpack tertentu seperti seragam untuk lingkungan kerja yang redup cahaya.

5. Model Wearpack Mekanik

Sebagai instrumen pelindung tubuh, wearpack selain memiliki fungsi-fungsi kkhusus yang cukup bragam, serta bahan-bahan atau material khusus sesuai dengan spesifikasi kebutuhan, juga memiliki variasi model yang juga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Contoh model wearpack mekanik. Sumber : unsplash.com
Contoh model wearpack mekanik. Sumber : unsplash.com

Dalam hal model, secara umum wearpack memiliki dua macam model. Yaitu model one piece dan model two piece. Secara sederhana, model one piece berarti bagian baju dan celana didesain bersambung. Sedangkan untuk model two piece, bagian atas dan bawah dijadikan dua potong bagian yang terpisah.

6. Penggunaan Wearpack Yang Aman

Instrumen pengaman tetap harus mengikuti aturan penggunaan yang baik dan benar agar mutu dari wearpack bisa teraplikasikan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu beberapa panduan dalam penggunaan pakaian keselamatan berikut perlu untuk menjadi perhatian.

Yang pertama, dalam penggunaan wearpack mekanik perlu memastikan ukuran seragam yang cocok untuk masing-masing pekerja. Sebab dengan ukuran yang cocok akan lebih memudahkan dalam gerak. Sedangkan ukuran yang tidak pas hanya akan membatasi keleluasaan gerak.

Yang kedua adalah sebisa mungkin menghindari benda-benda tajam. Terlebih untuk benda-benda tajam berukuran kecil agar tidak terbawa dalam kantung wearpack. Sebab hal ini akan sangat beresiko pada aktivitas-aktivitas mekanik.

Nah demikianlah ulasan kali ini seputar wearpack mekanik, mulai dari apa itu mearpack mekanik, fungsinya dalam dunia kerja berat, jenis wearpack berdasarkan fungsinya, sampai dengan model dan cara penggunaan yang aman selama pekerjaan berlangsung.

Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jangan lupa share dan nantikan ulasan menarik lainnya di laman yang sama. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment