7 Tips Desain Toko Baju Rumahan Agar Terlihat Rapi

Setiap dari anda yang melakukan kegiatan seperti desain toko baju rumahan, tentu menginginkan agar dapat dilirik oleh konsumen. Oleh karena itu perlu yang namanya membuat dan menata interior toko untuk mewujudkan hal tersebut.

Dalam kenyataan yang terjadi di lapangan, sebenarnya kebutuhan masyarakat akan pakaian sangatlah tinggi akan tetapi hal ini juga sejalan dengan penyedia pakaian tersebut, oleh karenanya untuk membedakan toko baju anda dengan yang lain yaitu berkaitan dengan dekorasi.

Untuk mengetahui tips-tips yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan minat konsumen dan menarik perhatian mereka ke toko anda, berikut ini penjelasannya:

Elemen Penting Dalam Desain Toko Baju Rumahan

Ada lima elemen di dalam desain ruang toko yang penting untuk dikelola agar lingkungannya lebih menarik untuk dilihat. Kelimanya adalah sebagai berikut:

1. Elemen Graphic

Memperhatikan unsur grafis sebagai elemen ketiga sangatlah bermanfaat tujuannya agar suatu brand lebih mudah dan cepat diingat, karenanya, pihak desainer harus bekerjasama dengan pihak advertising atau desain grafis untuk menciptakan tampilan grafis di suatu toko sebgai kekuatan visual yang memikat sekaligus tetapinformatif terhadap produk.

Elemen Penting Dalam Desain Toko Baju, Sumber: Unsplash/@mercantile
Elemen Penting Dalam Desain Toko Baju, Sumber: Unsplash/@mercantile

2. Elemen Display

Display produk yang tertangkap langsung dari arah luar, dapat membangun kesan pertama yang memancing orang untuk masuk ke toko, merasa nyaman di dalamnya, dan membeli produk. Untuk itu, display sebaiknya menghindari penampilan yang berlebihan, melainkan fokus pada item-item produk seperti item bestseller yang diyakini paling memancing keinginan untuk membeli.

3. Elemen Signage

Elemen kedua signage. Elemen ini terkait dengan tampilan gambar/logo, warna, tulisan, dan pencahayaan untuk toko baju. Untuk brand besar yang telah memiliki nama, terkadang cukup dengan penonjolan signage brand-nya yang identik di bagian luar, orang yang melihat pun akan terpancing masuk ke dalam.

4. Elemen Point of Sale

Tata interior toko baju rumahan sebagai lingkungan, tidak boleh mendominasi, melainkan secara keseluruhan tampil sebagai alat komunikasi informatif yang melengkapi dan mendukung promosi dan penjualan produk-produk yang dipajang.

5. Elemen Merchandising

Pada desain ruang toko adalah merchandising, pengelolaan barang dagangan,keputusan retailer untuk menjual barang tertentu, unik, khusus, atau bahkan barang umum di dalam tokonya akan amat berpengaruh pada konsep desain toko.

Tips Desain Toko Baju Rumahan Agar Terlihat Rapi

Ada beberapa tips desain yang dapat anda lakukan agar toko baju rumahan anda di lirik banyak pengunjung, adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Buat Desain Toko Baju Rumahan Sesuai Jenis Usahamu

Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan memilih desain yang cocok untuk toko baju rumahan anda. Di setiap pendirian toko, tentu memiiki pandangan tersendiri tentang desain apa yang akan digunakan.

Buat Desain Toko Sesuai Jenis Usaha, Sumber: Unsplash/@burgessbadass
Buat Desain Toko Sesuai Jenis Usaha, Sumber: Unsplash/@burgessbadass

Saran kami agar saat memilih desain cobalah untuk menentukannya sendiri dengan kreatifitas yang anda punya, jika tidak anda dapat mencari beberapa referensi melalui internet dan media sosial.

2. Tentukan Tema Desain Toko Baju Rumahan yang Sedang Populer

Setelah menentukan desain yang cocok, selanjutnya pilihlah tema yang sedang popular saat ini. Untuk proses dekorasinya anda tidak perlu khawatir karena perusahaan jasa desain interior Jogja siap membantu.

Dalam penentuan tema ini kita juga akan dengan mudah dalam hal memilih berbagai bahan atau alat untuk melakukan penataan atau pendekorasian sebuah interior ruangan. misalnya dalam hal memilih warna, pencahayaan, dan lain sebagainya.

3. Atur Pencahayaan yang Baik

Dalam mendesain, unsur pencahayaan adalah salah satu faktor penentu dan daya tarik konsumen terhadap suatu barang. Pencahayaan toko yang kurang baik akan menciptakan ketidaknyamanan mereka yang ingin membeli.

Untuk itu, pilihlah lampu yang berkualitas baik untuk toko. Kalau ragu, jangan segan berkonsultasi dengan jasa interior Jogja yang sudah berpengalaman.

4. Gunakan Warna Tembok Desain Toko Baju Rumahan yang Tenang

Dalam melakukan desain, pemilihan warna merupakan suatu hal yang harus dilakukan, karena ketepatan dalam memilih warna akan menambah keindahan dan kenyamanan para konsumen.

Salah satu warna yang bisa kita gunakan untuk melakukan penataan terhadap toko kita adalah warna putih, warna hijau, dan lain sebagainya yang intinya bisa membuat para konsumen merasa nyaman.

5. Pilih Barang yang Akan Dipajang

Selain desain untuk toko baju rumahan, hal lainnya yang akan mendukung hal tersebut adalah pemiihan barang apa saja yang akan di display. Kita tau usaha rumahan memiliki kapasitas yang kecil maka dari itu yang dapat di display terbatas. Untuk itu displaylah barang barang yang lagi banyak dicari oleh konsumen atau yang lagi tranding saat ini.

Pilih Barang yang Akan Dipajang, Sumber: Unsplash/@korie
Pilih Barang yang Akan Dipajang, Sumber: Unsplash/@korie

6. Tempatkan Meja Pembayaran di Depan Pintu

Setiap konsumen selalu menginginkan kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian, maka hal yang harus kita lakukan adalah melakukan penataan atau penempatan meja atau tempat layanan di bagian yang tepat dekat pintu keluar. Sehingga jika konsumen akan masuk dan keuar anda dapat dengan langung menyapanya atau menyambutnya.

7. Aturlah Penempatan Barang Display

Terahir dalam melakukan desain untuk toko baju rumahan anda, pastikan penempatan beberapa display juga diatur agar lebih mudah di akses Contohnya untuk baju prempuan dan laki laki ditempatkan di tempat yang berbeda, kemudaian baju anak anak juga sebisa mungkin untuk dipisahkan.

Itulah beberapa tips dari Jogjakonveksi.id untuk melakukan desain pada toko baju rumahan, semoga beberapa tips tersebut dapat membantu untuk memberikan ide dan referensi yang sesuai, terimakasih

Leave a Comment