Ketahuilah Cara Mengatasi Rayap di Lemari

Rayap atau semut putih merupakan jenis serangga yang dikenal luas sebagai hama penting di kehidupan manusia. Rayap biasanya bersarang di dalam kayu, rayap juga memakan kayu perabotan atau kerangka rumah yang mengakibatkan timbulnya banyak kerugian secara ekonomi. Sering kali anda merasa kesal rayap-rayap menyerang perabotan rumah seperti lemari tempat menyimpan pakaian yang membuat pakaian anda menjadi kotor dan bau. Tapi jangan khawatir simak informasi di bawah ini mengenai cara mengatasi rayap di lemari.

Selain membuat pakaian anda menjadi kotor dan bau, rayap juga dapat membuat lemari pakaian anda cepat rusak karena lapuk dan menjadi tidak awet. Apalagi ketika anda akan memakai pakaian dan tidak tau jika pakaian anda tersebut sudah banyak rayapnya, enggak kebayangkan gimana rasa kesalnya. Maka dari itu anda harus merawat lemari pakaian anda, apalagi yang terbuat dari kayu agar tidak menjadi sarang dari rayap-rayap ini.

Ilustrasi rayap di lemari, Sumber : arafuru.com
Ilustrasi rayap di lemari, Sumber : arafuru.com

Cara Mengatasi Rayap Pada Lemari

Ada beberapa cara untuk mengatasi rayap agar tidak bersarang lagi di perabotan kayu anda, khususnya pada lemari pakaian yang anda gunakan untuk menyimpan pakaian sehari-hari dan acara formal lainnya yang telah kami rangkum untuk anda.

1. Menggunakan Garam

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan larutan garam. Cara menggunakannya pun sangat mudah cukup melarutkan garam dapur ke dalam air. Siapkan semangkuk garam dan tambahkan setengah liter air kemudian campurkan keduanya agar garam larut dalam air.

Setelah selesai membuat larutan garam tersebut, pindahkan larutan dalam botol semprotan. Lalu anda mulai menyemprotkan rayap-rayap yang ada di lemari anda secara merata dan menyeluruh, pastikan anda mengenai rayap-rayap tersebut. Tidak perlu waktu lama setelah anda menyemprotkan larutan garam, rayap-rayap tersebut akan mati. Cukup mudah dan sederhana bukan, hanya dengan menggunakan garam anda bisa mengatasi permasalahan rayap yang bikin anda kesal.

Larutan garam dapur, Sumber : bola.net
Larutan garam dapur, Sumber : bola.net

2. Menjemur Lemari

Cara selanjutnya adalah dengan menjemur lemari di bawah sinar matahari. Mengapa demikian? Karena rayap merupakan jenis serangga yang suka dengan udara yang lembab dan gelap, makanya perlu untuk menjemur lemari anda di bawah sinar matahari langsung. Alangkah lebih baiknya untuk menghindari rayap-rayap datang kembali, anda perlu menjemur lemari dengan rutin. Agar menjaga kelembapan lemari anda sehingga tidak mudah menjadi sarang rayap lagi.

Sinar matahari, Sumber : beritasatu.com
Sinar matahari, Sumber : beritasatu.com

3. Menggunakan Asam Borat

Menggunakan asam borat merupakan salah satu cara mengatasi rayap. Karena asam borat merupakan bahan kimia, jadi anda harus tetap hati-hati dalam penggunaannya ya. Simpan lah di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Senyawa kimia ini dapat digunakan dengan cara cairkan dengan air, kemudian tuangkan pada botol semprotan.

Anda dapat melakukan hal yang sama seperti menggunakan larutan garam, yaitu menyemprotkan pada rayap-rayap secara menyeluruh dan memastikan bahwa telah mengenai rayap tepat sasaran. Dengan menggunakan asam borat ini cukup efektif untuk mengatasi permasalahan rayap yang terjadi.

Ilustrasi asam borat, Sumber : analisis.id
Ilustrasi asam borat, Sumber : analisis.id

4. Menggunakan Kardus

Untuk cara berikutnya adalah dengan menggunakan jebakan kardus, anda dapat menggunakan kardus ini untuk mengatasi rayap-rayap. Anda dapat membasahi kardus-kardus bekas dan memberinya air agar kardus basah, namun jangan gunakan air yang terlalu banyak ya agar tekstur kardus tidak rusak. Setelah itu letakkan kardus yang telah anda basahi tadi ke tempat atau titik dari sarang rayap tersebut. Tunggu beberapa saat hingga rayap-rayap yang berada di lemari pindah ke kardus yang telah anda siapkan untuk jebakan tadi.

Jebakan kardus untuk rayap, Sumber : fumida.co.id
Jebakan kardus untuk rayap, Sumber : fumida.co.id

5. Menggunakan Kapur Sirih

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan dari kapur sirih. Ternyata kapur sirih telah dipercaya sejak lama sebagai bahan yang ampuh untuk mengatasi rayap yang menyerang perabotan kayu anda khususnya lemari loh. Karena kapur sirih memiliki sifat yang panas, maka ketika rayap-rayap tersebut terkena kapur sirih akan mati.

Baca juga : Tips Merawat Pakaian : Informasi Penting Bagi Anda!

Untuk cara penggunaannya pun juga hampir sama dengan yang lainnya, anda cukup melarutkan kapur sirih dengan air hingga warnanya putih pekat. Setelah itu anda dapat memindahkannya pada botol semprotan, lalu anda bisa memulai menyemprot rayap-rayap tersebut. Anda juga perlu menyemprot pada bagian lemari di titik-titik tertentu agar rayap yang belum terkena semprotan tidak bisa pindah tempat.

Ilustrasi kapur sirih, Sumber : sehatq.com
Ilustrasi kapur sirih, Sumber : sehatq.com

6. Gunakan Kapur Barus

Berikutnya adalah menggunakan kapur barus, seperti yang kita ketahui kapur barus memiliki wangi yang tidak disukai oleh serangga khususnya rayap. Maka dari itu menggunakan kapur barus merupakan cara yang ampun untuk mengatasi rayap-rayap yang menyerang lemari anda. Untuk menggunakan kapur barus ini juga cukup mudah, anda tinggal meletakkannya di sudut-sudut lemari secara utuh atau jika anda mau di buat bubuk juga boleh. Selain efektif mengatasi rayap, kapur barus juga mudah sekali ditemukan di toko-toko kelontong dekat rumah anda dan harganya pun juga cukup terjangkau.

Gambar kapur barus, Sumber : pinhome.id
Gambar kapur barus, Sumber : pinhome.id

7. Menggunakan Jasa Pembasmi Rayap

Jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengatasi masalah-masalah rayap ini sendiri, maka ada alternatif lain untuk mengatasi rayap tanpa harus menyita waktu anda yaitu dengan menggunakan jasa pembasmi rayap. Cara ini juga cukup efektif anda gunakan agar rumah anda terbebas dari rayap-rayap secara keseluruhan tidak hanya pada lemari saja, tapi dengan perabotan rumah tangga anda lainnya yang terbuat dari bahan kayu.

Dengan menggunakan jasa ini mereka akan mengecek semua tempat yang berkemungkinan besar menjadi sarang rayap. Jadi rumah anda akan terbebas dari rayap secara keseluruhan dan anda tidak perlu kesal dan khawatir lagi jika pakaian anda terkena rayap.

Ilustrasi jasa pembasmi hama, Sumber : shopee.co.id
Ilustrasi jasa pembasmi hama, Sumber : shopee.co.id

Anda bebas menggunakan cara mana saja untuk mengatasi rayap yang bersarang di lemari anda. Sesuaikanlah dengan kondisi anda dan kebutuhan anda. Karena beberapa cara di atas sudah di yakini ampuh untuk mengatasi masalah rayap. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment