7 Brand Distro Lokal Yang Cocok Untuk Outfit Anda

Konsep bisnis distro fashion pertama kali diperkenalkan di Indonesia, khususnya di kota Bandung, pada era 1990-an. Saat itu, gelombang antusiasme muncul dari kalangan anak muda yang ingin mengekspresikan diri melalui gaya pakaian mereka, terutama yang berasal dari kalangan pecinta musik indie. Inilah cikal bakal lahirnya berbagai brand distro lokal.

Pada tahun 1994, muncul distro pertama dengan nama Reverse, yang berfungsi sebagai tempat distribusi untuk berbagai jenis merchandise lokal dan internasional. Sayangnya, setelah lima tahun beroperasi, Reverse harus menghentikan aktivitasnya. Namun, dari satu alumni Reverse bernama Helvi, muncul distro baru dengan nama Airplane.

Sebelumnya, pada tahun 1996, Dendy Darman telah memulai usaha clothing yang dikenal dengan nama 347 boadrider.co, yang sekarang dikenal sebagai UNKL 347. Kemudian, pada tahun 1997, muncul Ouval Research, diikuti oleh kemunculan merek-merek lain seperti Harder, No Labels (NL’s), Monik, dan Two Clothes pada tahun 1998.

Seiring berjalannya waktu, tren distro semakin berkembang dan menyebar luas. Konsep bisnis ini bahkan mulai diadopsi oleh anak-anak muda dari kota-kota lain. Berawal dari komunitas-komunitas, distro menjadi bagian integral dari warisan yang sangat berpengaruh dalam industri fashion Indonesia.

7 Brand Distro Lokal Yang Cocok Untuk Outfit Anda

Berbicara dunia fashion tentu tidak ada habisnya. Seiring berkembangnya waktu, brand-brand baru kian berkembang tiap tahun nya. Katakan lah brand lokal yang baru-baru ini sedang naik daun nya ada brand dari erigo. Untuk Anda yang ingin membuka bisnis distro, 7 brand distro lokal juga bisa menjadi referensi item clothing bisnis distro Anda.

1. Erigo

Brand Erigo.Sumber: gooogle.com
Brand Erigo.Sumber: detik.com

Brand distro lokal terkemuka di Indonesia, Erigo, berhasil meraih peringkat pertama dalam daftar brand sejenis. Erigo menghadirkan produk-produknya dengan sentuhan elegan yang memberikan kesan istimewa kepada penggunanya.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari pilihan desain Erigo yang tenang namun tetap terlihat modis dan keren. Lebih lanjut, Erigo secara khusus mengusung tema ‘traveling’ dalam setiap produknya, sebuah konsep yang sangat relevan dengan gaya hidup milenial saat ini.

Dengan tema tersebut, setiap produk Erigo mudah dipadukan dengan pilihan pakaian menarik lainnya, cocok untuk berbagai kegiatan. Harga produk-produk Erigo juga sangat terjangkau, berkisar mulai dari Rp 90 ribu hingga Rp 165 ribu per itemnya.

2. 3Second

3Second. Sumber: detik.com
3Second. Sumber: detik.com

Selain Erigo, 3Second juga merupakan salah satu brand distro lokal terkemuka di Indonesia. Penggunaan bahan berkualitas tinggi telah berhasil membawa 3Second memperluas pangsa pasarnya hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Brand yang berasal dari Bandung dan telah eksis sejak tahun 2002 ini mengusung konsep trendy dan stylish dalam setiap produknya. Dengan konsep tersebut, 3Second berharap dapat menarik minat banyak orang untuk membeli produknya, sambil tetap memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

Untuk Anda orang kantoran,3second juga bisa menjadi inspirasi outfit Kantor Anda.

3. Kamengski

Berada pada peringkat ketiga sebagai salah satu brand distro lokal terkenal di Indonesia, Kamengski memiliki keunikan yang terletak pada penggunaan kata-kata dan gambar yang memiliki sentuhan humor atau ‘nyeleneh’. Sebagai pemilik, Said awalnya merasa cemas terkait konsep yang diusungnya. Ia merancang ulang logo-logo terkenal seperti Supreme, Tolak Angin, dan sebagainya.

Namun, kekhawatiran tersebut ternyata hanya sebatas kecemasan belaka. Karena kenyataannya, setiap produk dari Kamengski mendapat sambutan positif, terutama dari kalangan anak muda. Selain itu, desain ulang logo hanya melibatkan perubahan pada kata-kata dan maknanya, bukan keseluruhan visual dari logo tersebut.

Sehingga, tidak mengherankan apabila setiap produk dari Kamengski menjadi populer di kalangan konsumen, karena parodi kata-kata dan visualisasi merek yang dihadirkan berhasil menarik perhatian banyak orang.

4. Peter Says Denim

Peter Says Denim. Sumber: google.com
Peter Says Denim. Sumber: google.com

Pasti sebagian besar dari Anda familiar dengan brand Peter Says Denim, bukan? Sepertinya sulit menemukan yang tidak tahu. Pasalnya, Peter Says Denim merupakan salah satu brand distro lokal yang sudah mapan dan aktif sejak tahun 2008 di Indonesia. Brand yang sangat terkait dengan produk jeans ini telah meraih popularitas internasional berkat kualitas bahan yang sangat baik, mampu bersaing dengan berbagai brand luar negeri sejenisnya.

Dapat dikatakan bahwa salah satu faktor kesuksesan Peter Says Denim sebagai brand distro lokal terkemuka di Indonesia adalah kualitas unggul bahan yang mereka gunakan. Selain itu, harganya yang terjangkau untuk setiap produknya menjadi nilai tambah, tidak menguras kantong konsumen.

5. Bloods

Hanya dengan mendengar atau melihat namanya, pasti kamu dapat dengan mudah menebak bahwa Bloods merupakan salah satu brand distro lokal terkemuka di Indonesia.

Berbasis di Bandung, brand ini menawarkan beragam produk menarik, termasuk kemeja, kaos oblong, jaket, celana pendek, dan sebagainya. Produk-produk Bloods memiliki ciri khas yang dapat terlihat dari desain sablonnya yang unik dan penggunaan berani berbagai macam warna.

Jika kamu tertarik dan ingin mengetahui lebih banyak tentang produk-produk yang dihasilkan oleh Bloods, brand ini telah membuka beberapa toko offline yang dapat dikunjungi di berbagai daerah, seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, Garut, Yogyakarta, dan Solo.

6. Shining Bright

Brand Shining Bright. SUmber: google.com
Brand Shining Bright. SUmber: google.com

Berada di posisi keenam, kita temui Shining Bright. Untuk yang belum familiar, ini merupakan salah satu brand distro lokal terkemuka di Indonesia dan sangat digemari oleh anak muda milenial. Brand ini, yang dimiliki oleh artis Tarra Budiman, menawarkan berbagai produk dengan desain yang simpel namun menarik, mulai dari kaus, topi, hoodie, sweater, hingga kaus kaki.

Keistimewaan dari semua produk ini adalah ketersediaan pilihan ukuran yang lengkap. Jadi, tidak perlu khawatir akan kehabisan ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu.

7. Greenlight

Tidak hanya masuk dalam daftar brand distro lokal terkenal di Indonesia, Greenlight juga merupakan bagian dari keluarga 3Second! Nah, siapa di antara kalian yang baru mengetahui hal ini? Meskipun demikian, brand ini mempersembahkan desain yang lebih simpel, namun tetap memikat bagi para pengguna.

Terlebih lagi, produk-produk dari Greenlight dapat dengan mudah dipadukan dengan pakaian lainnya, menambah daya tarik dalam penampilan. Anda bisa memperoleh semua produk Greenlight baik melalui toko offline yang tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia, atau melalui platform online seperti media sosial dan e-commerce.

Leave a Comment