Mengenal 9 Jenis Kain Rayon yang Biasa Dijadikan Bahan Pembuatan Pakaian

Industri kain terus berkembang pesat dan salah satu bahan yang sering dipilih untuk pembuatan pakaian adalah jenis kain rayon. Rayon adalah serat sintetis yang populer karena kelembutan dan kemampuannya dalam menyerap keringat. 

Karena sifatnya tersebut jenis kain yang satu ini banyak digunakan dalam pembuatan kaos olahraga. Selain kaos, kain rayon juga banyak digunakan untuk pembuatan baju muslim dan hijab.

Jenis Kain Rayon

Kain rayon adalah jenis kain yang berasal dari proses regenerasi serat selulosa atau dinding sel tumbuhan. Beberapa jenis kain rayon juga diproduksi dari pulp kayu yang telah mengalami proses penghalusan.

Oleh karena itu kain rayon sering disebut juga sebagai kain semi sintetis. Bahan pembuatan kain juga mempengaruhi karakteristik kain yang dihasilkan. Berikut ini adalah jenis-jenis kain rayon beserta karakteristiknya.

1. Rayon Viskosa/Viscose

Jenis kain rayon viscose, Sumber: bandungkaospolos.com
Jenis kain rayon viscose, Sumber: bandungkaospolos.com

Rayon viskosa merupakan varian kain rayon semi-sintetis yang dibuat dari pulp atau bubur kayu yang berfungsi sebagai alternatif kain sutra. Jenis rayon ini memiliki tekstur yang lembut dan mewah. 

Kelebihan rayon viskosa terletak pada ketahanannya terhadap gesekan, memantulkan kilau yang menarik, dan permukaannya yang licin. Kain ini sering digunakan untuk pembuatan kain tirai, penutup kursi, taplak meja, sprei, dan lain sebagainya. 

2. Kain Rayon Polyester

Tidak seperti jenis kain rayon lainnya, kain rayon polyester terkenal sebagai kain yang lebih kasar dan kaku. Itulah alasan mengapa kain rayon polyester cenderung lebih mudah robek jika dibandingkan dengan jenis kain rayon lainnya. 

Semakin tinggi kandungan bahan polyester dalam komposisi kain rayon, maka tekstur kain akan semakin kasar dan kaku. Karakter inilah membuat kain rayon polyester menjadi lebih mudah sobek. Oleh karena itu harga kain rayon polyester jauh lebih murah.

3. Rayon Spandek

Kain rayon spandex, Sumber: naturesfabrics.com
Kain rayon spandex, Sumber: naturesfabrics.com

Rayon spandex merupakan hasil kombinasi antara serat rayon dan elastane atau yang dikenal juga sebagai spandex. Kain rayon spandex memiliki karakteristik yang hampir sama dengan dengan kain katun. 

Keunikan rayon spandex terletak pada sifatnya yang tidak berkilau, lembut, elastis, halus, nyaman, dan mampu menyerap keringat dengan baik. Gabungan antara rayon dan spandex tidak hanya menciptakan kain yang nyaman, tetapi juga membuat kain lebih elastis.

4. Rayon Jersey

Jenis kain rayon jersey menjadi pilihan menarik karena melibatkan tiga bahan yang berbeda dalam proses pembuatannya. Kain ini menggabungkan bahan wol, serat sintetis, dan katun sehingga menciptakan material yang unik. 

Penggunaan bahan wol mampu memberikan kehangatan dan kelembutan pada kain, serat sintetis memberikan kekuatan dan elastisitas, sementara katun memberikan sentuhan lembut dan sifat yang ramah di kulit.

5. Rayon Crinkle

Rayon crinkle memiliki tekstur bergelombang yang memberikan kesan unik pada permukaannya. Meskipun terlihat seperti kain yang kusut, rayon crinkle tetap terasa halus dan lembut di kulit. 

Keberadaan gelombang-gelombang pada tekstur kain menciptakan dimensi visual yang menarik dan memberikan tampilan yang berbeda. Selain itu, kain ini memiliki bobot yang ringan sehingga nyaman dipakai.

6. Rayon Linen

Rayon linen, Sumber: mytextilefabric.com
Rayon linen, Sumber: mytextilefabric.com

Kain rayon linen adalah hasil dari perpaduan serat rayon dan linen. Perpaduan tersebut menghasilkan kain dengan karakteristik yang lebih ringan dibandingkan dengan linen murni yang memiliki karakteristik kuat. 

Selain itu, linen rayon memiliki sifat dingin, tekstur yang jatuh, mampu menyerap keringat dengan baik, dan memiliki sifat anti bakteri. Kombinasi kedua serat ini menciptakan bahan yang tidak hanya nyaman tetapi juga lebih terjangkau. 

7. Rayon Kupramonium

Rayon kupramonium merupakan jenis kain rayon yang diproduksi melalui proses regenerasi selulosa sehingga memiliki kemiripan dengan rayon viskosa. Ciri khas rayon kupramonium terletak pada teksturnya yang sangat halus. 

Kelembutan filamen kain ini memberikan sifat lembut dan jatuh saat dikenakan. Rayon kupramonium banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuatan pakaian wanita, kaos kaki, dan pakaian dalam. 

8. Rayon Asetat

Rayon asetat adalah varian kain rayon yang terbentuk dari selulosa asetat. Ciri utama dari rayon ini adalah teksturnya yang lembut, memiliki daya serap tinggi, cepat kering, dan memiliki tampilan yang berkilau. 

Karena sifatnya tersebut kain rayon asetat sangat nyaman digunakan. Jenis rayon asetat umumnya digunakan dalam pembuatan berbagai pakaian wanita seperti blus, gaun, jaket, pakaian dalam wanita, dan untuk dijadikan pelapis baju. 

9. Rayon Triasetat

Rayon triasetat adalah jenis kain rayon yang terbuat dari selulosa triasetat. Selulosa triasetat adalah suatu serat termoplastik yang memiliki kekuatan lebih tinggi dibandingkan dengan serat selulosa lainnya. 

Karakteristik utama dari rayon triasetat adalah kekuatan bentuk dan ketahanannya terhadap kerutan, mudah dicuci, ketahanan terhadap penyusutan, dan memiliki daya tahan yang baik terhadap paparan suhu tinggi.

Rayon triasetat umumnya digunakan dalam pembuatan pakaian yang memerlukan ketahanan terhadap kerutan seperti rok dan gaun. Penggunaan rayon triasetat juga sering dikombinasikan dengan bahan polyester untuk menciptakan pakaian dengan efek mengkilap.

Harga Kain Rayon

Harga kain rayon per meter dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas kain, merek, desain, dan permintaan pasar. Kualitas kain rayon yang bagus atau kain yang dibuat secara handmade tentu akan jauh lebih mahal daripada kain produksi pabrikan.

Misalnya untuk kain rayon viskosa dibandrol dengan harga sekitar Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per meter. Sedangkan rayon polyester dibandrol dengan harga yang sedikit lebih murah yaitu sekitar Rp  26.000 hingga Rp 40.000 per meter.

Sablon Kaos dari Bahan Rayon di JKID

Buat kaos promosi di JKID, Sumber: jogjakonveksi.id
Buat kaos sablon di JKID, Sumber: jogjakonveksi.id

Dari beberapa jenis kain di atas, kain rayon viscose adalah yang paling sering digunakan dalam pembuatan kaos oblong atau kaos olahraga. Biasanya kaos dari bahan viscose disablon dengan berbagai gambar dan desain untuk memberi tampilan visual yang lebih keren. 

Bahkan tidak sedikit juga anak muda yang mengkreasikan sendiri gambar kaos mereka. Hal tersebut sangat mungkin dilakukan karena telah hadir jasa sablon kaos Jogja yang bisa membantu Anda  mengaplikasikan gambar-gambar keren, yaitu JKID.

JKID merupakan jasa sablon kaos di Kota Jogja yang telah memanfaatkan teknologi sablon modern dan memberi penawaran harga yang terjangkau. JKID siap membantu Anda membuat desain kaos yang kreatif dengan pilihan kain berkualitas.

Leave a Comment