Tips Memilih Pakaian Musim Panas Yang Tepat

//

Saat musim panas telah tiba tentunya udara disekitar pun mulai ikut memanas kan, karena suhu udara pun ikut naik. Jika anda memiliki aktivitas yang menumpuk ketika cuaca sedang panas alangkah lebih baiknya anda memilih pakaian musim panas yang tepat. Tujuannya agar anda tetap merasa sejuk dan nyaman walaupun harus bergerak seharian di cuaca yang panas.

Cuaca yang panas memang dapat dengan mudah membuat tubuh anda menghasilkan banyak keringat. Saat tubuh mengeluarkan banyak keringat tentu saja akan membuat anda tidak nyaman, sebab keringat dapat menyebabkan pakaian yang anda kenakan basah. Apalagi jika anda salah memilih pakaian bisa-bisa anda mengeluarkan bau tidak sedap ketika anda sedang berkeringat, karena bahan pakaian anda tidak mudah menyerap keringat.

Hal tersebut tentu saja dapat mempengaruhi mood anda, udah cuaca panas, berkeringat, badan juga mengeluarkan bau tidak sedap. Jangan sampai anda mengalami hal tersebut ya, maka dari itu untuk memilih pakaian yang tepat saat musim panas anda dapat menyimak informasi di bawah ini.

Pemandangan musim panas di Jepang, Sumber : tripjepang.co.id
Pemandangan musim panas di Jepang, Sumber : tripjepang.co.id

Tips Memilih Pakaian Musim Panas

Ada beberapa tips di bawah ini untuk anda agar benar memilih pakaian yang anda gunakan saat musim panas, supaya anda tetap dengan nyaman menggunakannya.

1. Bahan Pakaian

Pilih dan pastikan bahan yang anda gunakan merupakan bahan yang tepat untuk pakaian musim panas anda. Biasanya bahan yang sering digunakan dari bahan linen, jersey, maupun katun. Bahan tersebut cocok digunakan pada saat musim panas tiba, dan tidak menyebabkan keringat yang berlebih pada tubuh anda. Bahan tersebut sangat di rekomendasikan karena dapat menyerap keringat dengan baik.

Baca juga : Yuk Intip : Apa Saja Atribut Pakaian Musim Dingin

Hindari menggunakan bahan pakaian yang terbuat dari poliester atau sutra, karena bahan tersebut dapat membuat tubuh anda semakin panas. Bahan ini juga tidak dapat menyerap keringat dengan baik sehingga, anda akan berkeringat berlebih jika menggunakan bahan pakaian ini.

2. Warna Pakaian

Warna pakaian ternyata juga berpengaruh untuk cuaca panas loh. Jika biasanya anda menggunakan pakaian dengan warna favorit maka pada saat musim panas tiba pakaialah warna yang cerah dan hindarilah mengenakan pakaian dengan warna yang gelap seperti navy atau hitam. Walaupun anda tidak terlalu menyukai warna yang terang, tapi dengan menggunakan warna yang terang dapat meminimalisir rasa panas di tubuh anda loh.

Ternyata warna yang gelap dapat menyerap cahaya loh, maka dari itu ketika anda menggunakan pakaian berwarna hitam pada saat musim panas rasa panas tersebut akan sangat terasa di tubuh anda. Sebaliknya, warna-warna yang terang dapat memantulkan cahaya dan membuat anda lebioh sejuk ketika memakainya di bawah sinar matahari.

3. Pakaian Longgar

Nah tips selanjutnya adalah pilihlah pakaian yang memiliki ukuran yang longgar. Tujuannya agar anda merasa lebih sejuk walaupun hari cuaca sedang panas-panasnya. Hindarilah memakai pakaian yang ketat, karena kulit anda tidak bisa bernafas dengan baik pada saat cuaca panas. Hal tersebut juga berlaku dengan celana, pilihlah yang longgar supaya ketika anda melakukan banyak aktivitas disaat cuaca panas kulit anda tidak iritasi karena bergesekan dengan celana ketat.

Pakaian musim panas, Sumber : thread.zalora.co.id
Pakaian musim panas, Sumber : thread.zalora.co.id

4. Gunakan Pakaian Yang Tipis

Jika anda menggunakan pakaian yang tebal akan membuat suhu tubuh anda menjadi meningkat, apalagi cuaca sedang panas anda akan menjadi semakin panas. Pakailah pakaian yang tipis agar tubuh anda tidak kepanasan karena cuacanya panas. Jangan gunakan pakaian yang berlapis, pakaian berlapis juga dapat menyebabkan tubuh anda lebih panas.

Pakaian tipis ternyata membuat sirkulasi udara menjadi baik, dan membuat kulit anda bisa bernafas. Menggunakan pakaian tipis juga dapat membuat anda semakin merasa sejuk walau di tengah-tengah cuaca yang panas.

5. Pakailah Kacamata

Saat udara sedang panas maka anda dapat melindungi mata anda dari sinar matahari menggunakan kaca mata dengan perlindungan UV. Selain menjaga mata anda dari sinar UV, kaca mata juga dapat menambah penampilan anda terlihat semakin modis. Aksesoris ini memang memiliki banyak fungsi yang bisa anda manfaatkan.

6. Gunakan Sepatu Yang Tepat

Saat musim panas tiba memilih sepatu yang anda kenakan juga merupakan bagian penting loh. Jika anda salah memilih sepatu akibatnya kaki anda mudah berkeringat karena panas, dan saat kaki anda berkeringat akan mudah lecet juga jika anda memakainya untuk berbagai aktivitas yang mengharuskan banyak gerak.

Baca juga : Tips Merawat Pakaian : Informasi Penting Bagi Anda!

Pilihlah sepatu dari bahan yang memiliki sirkulasi udara lancar seperti katun, hindarilah sepatu yang memiliki bahan dari kulit, dan lain-lain. Akan lebih baik anda menggunakan sendal seperti selop yang nyaman, jika memang terpaksa anda memakai sepatu tertutup maka gunakanlah kaos kaki terlebih dahulu agar meminimalisir kaki anda lecet terkena gesekan sepatu.

7. Celana Pendek

Menggunakan celana pendek juga disarankan untuk anda jika cuaca sedang panas-panasnya, karena dengan menggunakan celana pendek akan membuat anda lebih sejuk. Kemudian padu padan kan dengan kaos lengan pendek yang tipis dan longgar, atau anda juga dapat memakai kaos tanpa lengan. Jika di rasa kurang sopan ketika memakai celana pendek dengan kaos tanpa lengan, anda bisa menggantinya dengan kaos lengan panjang yang memiliki bahan yang tipis agar tetap merasa sejuk.

Summer fashion, Sumber : blibli.com
Summer fashion, Sumber : blibli.com

Anda tidak perlu cemas lagi jika musim panas telah tiba, anda dapat memilih pakaian musim panas yang sesuai dengan tampilan yang tetap modis. Gunakan juga perlengkapan tambahan seperti topi dan gunakanlah sunblock agar kulit anda tetap terjaga dari sengatan sinar matahari.

Leave a Comment