4 Cara Terampuh Menghilangkan Jamur pada Pakaian

Menghilangkan jamur pada pakaian merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Pasalnya noda pada pakaian yang muncul karena jamur memang tidak bisa dihilangkan dengan sabun ataupun cara mencuci yang biasa. 

Dan sudah pasti, kehadiran jamur pada pakaian seringkali menjadi momok yang mengganggu dan tidak diinginkan. Selain bau yang tidak sedap, bahaya jamur pada kain ini juga cukup mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Keberadaan jamur di kain tentu dapat merusak kain, dan bahayanya jamur juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Apalagi, jika tidak segera ditangani, jamur dapat menyebar dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada pakaian kesayangan Anda. 

Untungnya, ada berbagai cara yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas lima cara terampuh untuk menghilangkan jamur pada pakaian, menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar Anda. 

4 Cara Terampuh Menghilangkan Jamur pada Pakaian

Jamur pada pakaian, Sumber: kompas.com
Jamur pada pakaian, Sumber: kompas.com

Jamur pada pakaian bisa menjadi masalah yang mengganggu. Selain merusak kain, jamur juga dapat menyebabkan bau tidak sedap dan iritasi kulit. Jika Anda mengalami masalah ini, tentu harus segera diatasi supaya tidak menimbulkan hal-hal yang lebih parah.

Dan Anda jangan dulu khawatir, meskipun sulit namun jamur pada pakaian tetap bisa teratasi dengan baik. Berikut adalah beberapa cara terampuh untuk menghilangkan jamur pada pakaian Anda. Dengan tips berikut, Anda bisa menjaga pakaian tetap bersih, segar, dan bebas jamur.

1. Menggunakan Cuka Putih

Cuka putih adalah salah satu bahan alami yang efektif untuk menghilangkan jamur. Kandungan asamnya mampu membunuh spora jamur dan mencegah pertumbuhannya kembali. 

Kandungan asam pada cuka putih memang sangat kuat, khususnya untuk pembasmian jamur jenis P. chrysogenum dan mencegahnya tumbuh kembali. Dan kabar baiknya cuka putih ini cocok untuk berbagai jenis kain, sehingga tidak merusak serat kain jika digunakan. 

Untuk menghilangkan jamur pada pakaian dengan menggunakan cuka putih caranya sangat simpel dan sederhana. Bahannya sangat mudah didapatkan, Anda cukup menyiapkan cuka putih dan juga air biasa.

Tahap pertama untuk proses menghilangkan noda jamur pada pakaian yaitu dengan mencampurkan satu cangkir cuka putih dengan dua cangkir air. Kemudian rendam pakaian yang berjamur dalam larutan tersebut selama 30 menit.

Setelah direndam dengan larutan cuka putih, Anda bisa melanjutkan mencuci pakaian seperti biasa dengan deterjen. Kemudian dilanjutkan dengan menjemur dan dapatkan pakaian Anda yang bersih seperti baru.

2. Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian, Sumber: rinso.com
Pemutih pakaian, Sumber: rinso.com

Pemutih pakaian sangat efektif dalam membasmi jamur, terutama pada kain berwarna putih. Pada cairan pemutih pakaian ini biasanya mengandung salah satu zat aktif diantara natrium hipoklorit dan hidrogen peroksida.

Senyawa tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan noda membandel. Namun, pastikan untuk memeriksa label pakaian agar tidak merusak kain. Karena kerasnya zat aktif terkadang justru bisa membuat serat kain menjadi rusak.

Untuk menghilangkan jamur pada pakaian dengan pemutih, Anda hanya perlu melarutkan setengah cangkir pemutih dengan satu galon air. Kemudian rendam pakaian dalam campuran tersebut selama 15-30 menit. Terakhir bilas dengan air bersih dan cuci dengan deterjen.

3. Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Kombinasi baking soda dan hidrogen peroksida dapat membantu menghilangkan jamur pada pakaian secara efektif. Baking soda berfungsi sebagai penggosok ringan, sementara hidrogen peroksida membunuh jamur. 

Untuk menghilangkan noda jamur, Anda cukup membuat pasta dari 2 sendok makan baking soda dan sedikit hidrogen peroksida. Kemudian oleskan pasta pada bagian pakaian yang berjamur.

Biarkan selama 10-15 menit, supaya pasta dapat terserap kedalam serat kain dan merontokkan noda jamur. Untuk memaksimalkan perontokkan noda, Anda perlu menyikatnya dengan perlahan dan pastikan noda benar-benar hilang. 

Setelah selesai menyikat, kemudian bilas untuk membersihkan sisa pasta dan juga melarutkan sisa-sisa noda. Setelah noda sudah berkurang dan hilang, lalu Anda bisa melanjutkan untuk mencuci pakaian seperti biasa.

4. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Tea tree oil, Sumber: medkomtek.com
Tea tree oil, Sumber: medkomtek.com

Anda pasti sering membaca kandungan tea tree oil dalam skin care. Pada skin care biasanya minyak pohon teh ini bisa ditemukan di produk-produk eksfoliasi. Selain bisa untuk kulit wajah dan tubuh, minyak pohon teh ini juga bisa digunakan untuk membersihkan pakaian. 

Hal ini karena minyak pohon teh memiliki sifat antijamur yang kuat. Selain menghilangkan jamur, minyak ini juga dapat mencegah jamur datang kembali. Untuk menghilangkan jamur pada pakaian dengan menggunakan tea tree oil pun bahan dan caranya sangat mudah.

Anda hanya perlu membuat larutan antara 1 sendok teh minyak pohon teh dengan 1 cangkir air. Kemudian semprotkan larutan tersebut pada area yang berjamur. Dan diamkan selama 10-15 menit, kemudian sikat lembut. Selanjutnya Anda bisa mencuci pakaian seperti biasa.

Tips Tambahan

Kondisi pakaian yang lembab, Sumber: grid.id
Kondisi pakaian yang lembab, Sumber: grid.id

Jangan biarkan pakaian basah terlalu lama di keranjang atau mesin cuci, karena kondisi lembab sangat disukai jamur. Kemudian juga pertimbangkan untuk menggunakan produk anti jamur yang tersedia di pasaran untuk pencegahan tambahan.

Dan yang terakhir jaga lemari dan tempat penyimpanan pakaian tetap kering dan berventilasi baik untuk mencegah tumbuhnya jamur. Sebelum tumbuh jamur, pastikan Anda sudah merawat pakaian dengan baik dan benar.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda dapat mengatasi masalah jamur pada pakaian dengan efektif. Selalu ingat untuk merawat pakaian Anda dengan baik agar tetap bersih, segar, dan bebas dari jamur.

Menghilangkan jamur pada pakaian memang memerlukan perhatian dan tindakan yang tepat. Dengan menggunakan cara-cara yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menghilangkan jamur secara efektif dan mencegahnya datang kembali. 

Mulai dari penggunaan bahan alami seperti cuka putih dan minyak pohon teh, hingga pemanfaatan sinar matahari yang tersedia secara gratis, semua metode ini dapat membantu menjaga kebersihan dan kesehatan pakaian Anda.

Berbicara mengenai pakaian, jika Anda mencari tempat sablon kaos dengan kualitas terbaik dan desain yang menarik di area Jogja, tenang saja. Sablon kaos Jogja merupakan tempat yang tepat untuk Anda mendapatkan sablon kaos yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sekian artikel tips dari kami. Ingatlah untuk selalu merawat pakaian dengan baik dan menghindari kondisi yang dapat memicu pertumbuhan jamur. Segera tangani pakaian yang lembab atau basah, dan pastikan ruang penyimpanan Anda kering dan berventilasi baik. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menghadapi masalah jamur pada pakaian. Selamat mencoba dan nikmati pakaian yang bersih, segar, dan nyaman dikenakan setiap saat!

Leave a Comment