Pahami Penyebab Dan Cara Menghilangkan Noda Di Baju Putih

Baju putih memang menjadi warna yang sangat digemari semua orang karena warnanya yang sangat netral. Sayangnya warna putih sangat rentan terhadap kotoran dan debu hingga menimbulkan noda di baju. Oleh karena itu pemahaman terkait cara menghilangkan noda di baju putih menjadi perlu.

Noda kuning pada baju putih juga biasanya  bisa disebabkan oleh keringat tubuh yang terserap dan mengendap di baju. Biasanya bintik ini juga terdapat di area tangan, terutama di ketiak.

Baju warna putih perlu adanya perawatan yang sangat khusus dibandingkan dengan warna-warna yang lain.

Bukankah memalukan jika Anda memiliki baju putih tetapi Anda memiliki noda yang membandel? Ya! Anda tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, artikel ini akan membantu Anda mengatasi kekhawatiran Anda tentang noda kuning pada pakaian putih.

Penyebab Noda pada Baju Putih

Sebelum  mempelajari cara menghilangkan noda dari pakaian putih, selidiki dulu penyebab  noda tersebut. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan noda baju putih, antara lain:

1. Noda Debu dan Kotoran

Pahami Penyebab Dan Cara Menghilangkan Noda Di Baju Putih
Ilustrasi kemeja putih yang terkena noda. Sumber : Istockphoto.com

Apakah anda sering melihat baju putih yang warnanya memudar ? nah itu tandanya baju putih Anda sudah terkena dengan noda yang membandel. Biasanya anak-anak yang terlalu keasikan bermain sehingga kotoran dari tanah atau lumpur menempel, Bisa jadi itu dari bahan baju yang mudah terkena noda dan sangat sulit untuk dihilangkan. Anda bisa melihat konveksi baju yang mungkin bisa menjadi baju putih yang awet dan tetap memiliki kualitas yang terbaik.

2. Noda Akibat Penyimpanan 

Jika anda memiliki baju yang terlalu banyak, maka anda sering menyimpan baju-baju yang tak jarang anda pakai dan itu akan mengakibatkan baju anda terkena noda apalagi noda itu sangat sulit dihilangkan karena terlalu lama baju itu disimpan 

3. Noda pada Kerah dan Ketiak di Baju Putih 

Pahami Penyebab Dan Cara Menghilangkan Noda Di Baju Putih
Kerah baju selalu menjadi spot paling kotor. Sumber : Istockpoto.com

Noda kuning ini sering muncul pada area ketiak yang menyebabkan area ketiak itu menyebabkan bau tak sedap. Biasanya itu berasal dari keringat atau deodoran yang jenisnya terlalu kasar yang menyebabkan noda itu sulit dihilangkan. Rekomendasi baju berkerah dengan bahan yang berkualitas disini.

4. Noda Makanan 

Cokelat, saos, kecap, minyak dan makanan serta minuman lainnya merupakan noda yang sering kali menempel saat Anda makan. Tentunya jika tidak hati-hati, noda tersebut bisa saja berjatuhan di baju putih Anda 

Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih 

Ada beberapa cara  untuk mengatasi berbagai noda pada pakaian putih. Beberapa cara ini juga sangat sederhana dan bahan-bahannya pun sangat mudah didapat lho! Apakah mereka?

1. Gunakan Baking Soda

Pahami Penyebab Dan Cara Menghilangkan Noda Di Baju Putih
Baking soda bisa langsung Anda tambahkan ketika mencuci pakaian. Sumber : Istockphoto.com

Baking soda digunakan untuk menghilangkan noda dari pakaian putih. Baking soda sendiri sering dipilih untuk menghilangkan noda kuning dari pakaian putih dengan cepat. Selain untuk membersihkan noda dari pakaian, baking soda ini juga bisa digunakan untuk membersihkan sayuran dan menghilangkan bau tak sedap dari kulkas.  

Baking soda sendiri dapat bertindak sebagai antiseptik ringan. Itulah kenapa, baking soda juga sangat sering digunakan untuk membersihkan dan mengobati gigi. Walau, mengobati gigi sebenarnya perlu dilakukan di dokter gigi profesional yang telah berpengalaman.

Baking soda memang dapat menghilangkan bakteri yang ada, namun tidak cukup untuk jadi obat gigi. Lantas, bagaimana cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan noda dari pakaian putih? 

Campurkan baking soda dengan air, lalu oleskan air baking soda tersebut pada noda kuning di baju putih. Setelah semua noda tertutup larutan baking soda, rendam pakaian putih tersebut dalam larutan baking soda tersebut selama 30 menit. 

Setelah 30 menit Anda dapat mencuci pakaian putih dengan deterjen. Aku perlahan memeriksa bagian yang ternoda kuning sebelumnya. Setelah itu, cuci dengan air bersih hingga bagian baju yang terkena noda tidak terasa licin dan berbusa akibat baking soda yang menempel. Pastikan semuanya bersih dan baking soda sudah hilang pada baju. 

2. Pakai Cairan Penghilang Noda 

Pahami Penyebab Dan Cara Menghilangkan Noda Di Baju Putih
Anda bisa gunakan juga cairan pembersih baju putih yang dijual secara umum. Sumber : Istockphoto.com

Banyak orang mengira jika pakaian memiliki noda membandel, bisa dibersihkan dengan deterjen yang banyak. Setelah itu, pakaian digosok kuat-kuat dengan harapan noda cepat hilang. Namun kenyataannya, cara ini tidak selalu berhasil. Banyaknya detergen tidak menjamin noda akan langsung hilang. Jika Anda menggunakan deterjen terlalu banyak, kulit di tangan Anda bisa lepas. 

Untuk menghilangkan noda, Anda harus menggunakan cairan khusus, seperti Proclin Penghilang Noda Pakaian [botol/ 180 ml], yang bisa Anda dapatkan hanya dengan  Rp 8000. Sangat mudah digunakan. Cukup siapkan air bersih secukupnya, tuangkan cairan penghilang noda sesuai petunjuk. Kemudian rendam kaos yang diwarnai selama 15 menit. 

Setelah 15 menit Anda dapat dengan cepat memeriksa area yang kotor. Noda biasanya hilang. Kemudian, cuci pakaian Anda seperti biasa. Bisa dilakukan dengan tangan, bisa juga dengan mesin cuci. Kemudian keringkan pakaian tersebut sebaik mungkin.

3. Gunakan Cairan Cuka 

Pahami Penyebab Dan Cara Menghilangkan Noda Di Baju Putih
Selain cuka, menambahkan perasan lemon dan baking soda juga bisa bersihkan baju putih. Sumber : Istockphoto.com

Bahan selanjutnya yang akan membantu Anda menghilangkan noda kuning dari pakaian putih adalah cuka putih.  Cuka putih sendiri mengandung sekitar 5-10% asam asetat, yang biasanya digunakan untuk menghilangkan gulma dan membersihkan ruangan. Karena cuka putih  memiliki sifat asam,  keasaman cuka putih dapat menetralkan dan menghilangkan kotoran yang menempel di pakaian putih. 

Dengan cuka putih ini, Anda dapat menghilangkan noda yang membandel dari pakaian putih dengan sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan ember berisi air dan setengah gelas cuka putih. Kemudian campurkan cuka ke dalam ember berisi air. 

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara menghilangkan bekas noda pada baju berwarna putih yang tidak jarang semua orang akan mengalami hal ini. Pastikan anda menggunakan baju putih dengan baik karena jika sudah terkena noda sangat sulit untuk dibersihkan dan anda akan malas untuk perawatan seperti baru anda beli. 

Sekian dan terima kasih sudah membaca artikel ini, ditunggu next artikel apalagi ya yang akan dibahas.

Leave a Comment