7 Cara Merawat Kaos Sablon agar Awet dan Tampilan Tetap Cantik

Punya pengalaman buruk dengan kaos sablon yang Anda miliki? Agar kaos bergambar kesayangan tetap menyala dan terang, penting mengetahui berbagai trik dan cara merawat kaos sablon yang baik dan benar. Sebab kaos sablon yang digunakan juga bisa rusak seiring dengan berjalannya waktu jika tidak dirawat dengan baik. 

Terlebih lagi t-shirt atau baju kaos merupakan salah satu item fashion yang wajib dimiliki setiap orang. Sebagai busana dasar, item ini juga terbilang cukup fleksibel sehingga mudah dikombinasikan dengan berbagai gaya. Namun kaos bagus yang tidak diimbangi dengan perawatan maksimal akan tetap terlihat biasa saja. 

Terlebih lagi jika kaos yang dimaksud adalah kaos bergambar hasil sablonan. Jika salah dalam perawatannya, gambar yang sudah menempel bagus dapat cepat rusak atau bahkan rontok. 

Jika sudah begitu sayang bukan, sudah beli mahal namun dalam beberapa minggu sudah tidak terlihat menarik seperti pertama kali? Sebagai bentuk antisipasi, ikuti beberapa tips berikut ini. 

Cara Mencuci Kaos Sablon

Cara mencuci kaos sablon, Sumber: ciptaloka.com
Cara mencuci kaos sablon, Sumber: ciptaloka.com

Pada dasarnya ada banyak hal yang mampu merusak baju sablon. Baik itu rusak secara tekstur, warna yang memudar, dan lain sebagainya. Namun semua masalah itu umumnya timbul karena faktor pencucian baju sablon yang salah. 

Perlu untuk dipahami bahwa baju sablon membutuhkan perhatian khusus agar bagian desain tidak rusak dan tahan lama. Nah berikut merupakan beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam mencuci baju sablon agar tetap terawat dengan baik. 

1. Jangan Rendam Terlalu Lama

Cara merawat baju sablon agar tidak luntur yang pertama adalah pastikan untuk tidak merendamnya terlalu lama. Sebab merendam baju terlalu lama berpotensi membuat desain yang dibuat dengan teknik sablon tertentu menjadi cepat rusak karena panas dari deterjen.

Usahakan untuk tidak merendamnya lebih dari setengah jam. Selain itu pastikan tidak menggunakan deterjen secara berlebihan. Jika ingin merendam pakaian jersey atau pakaian favorit, cuci satu persatu dan rendam selama kurun waktu 2 sampai 3 menit saja. 

2. Cermati Pemakaian Bahan Cucian

Selain tidak menggunakan deterjen berlebihan, penting juga bagi Anda untuk menghindari penggunaan bahan pemutih pakaian ketika mencuci baju sablon. Penggunaan produk pemutih hanya akan membuat bagian sablon cepat pudar dan teksturnya menjadi lebih tipis. 

3. Pisahkan Ketika Dicuci

Cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah menyeleksi warna baju yang dimiliki. Pisahkan baju sablon sesuai dengan masing-masing warna dan jangan campurkan dua warna yang berbeda selama proses pencucian agar warna tidak memudar dan bercampur satu sama lain. Contohnya kaos berwarna merah dengan kaos berwarna putih.

4. Jangan Disikat dan Usahakan Tanpa Mesin Cuci

Cara merawat kaos sablon selanjutnya adalah hindari penggunaan mesin cuci agar kaos tetap awet dan tahan lama. Sebab penggunaan mesin cuci hanya akan menyebabkan gesekan antar kaos sehingga berpotensi membuat baju sablon menjadi rusak. Selain itu hal ini juga akan membuat warna baju menjadi pudar. 

Jika ingin menghilangkan noda di baju, cukup kucek menggunakan tangan. Selain itu pastikan untuk melakukannya secara hati-hati. Hindari juga penggunaan sikat, terutama pada baju berbahan katun karena hanya akan merusak teksturnya. 

5. Cuci dan Jamur Secara Terbalik

Selain beberapa hal di atas, pastikan untuk mencuci dan menjemur kaos sablon dalam posisi terbalik. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kontak kaos sablon dengan deterjen dan panas sinar matahari langsung. Selain itu pastikan untuk tidak menggantung baju dalam keadaan basah, sebab hal ini hanya akan merusak baju secara keseluruhan. 

Cara Merawat Kaos Sablon

Cara tepat merawat kaos sablon, Sumber: berkaos.com
Cara tepat merawat kaos sablon, Sumber: berkaos.com

Bukan hanya sekedar mengetahui bagaimana cara mencuci kaos sablon yang baik dan tepat saja. Agar tetap awet dan tahan lama, penting juga bagi Anda untuk mencari tahu bagaimana tips merawat kaos sablon yang benar. Ini dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kaos sablon. 

1. Hindari Menyetrika Bagian Sablon

Tips perawatan pertama yang perlu Anda lakukan adalah hindari menyetrika bagian gambar sablon. Sebab hal ini hanya akan membuat tinta pada bagian sablon kaos menempel di permukaan setrika, sehingga akan merusak permukaannya. Oleh sebab itu pastikan untuk menyetrika bagian tepi atau belakang baju saja.

2. Simpan Kaos Sablon dengan Tepat

Perlu untuk dipahami bahwa baju sablon terutama jenis sablon plastisol biasanya akan lengket dan menempel satu sama lain. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk memastikan bagian sablon tidak menempel satu sama lain ketika disimpan.

Ada baiknya simpan dengan cara menumpuk kaos sablon dengan baju lainnya yang tidak memiliki sablon. Jadi bagian dari kedua baju tersebut tidak akan saling menempel satu sama lain. Sebab jika dibiarkan terlalu lama sablon akan mudah rusak dan terkelupas.

Itu dia beberapa langkah mudah merawat kaos sablon agar tetap awet dan tahan lama. Memang cara merawat baju sablon tidaklah mudah, butuh kesabaran dan ketelitian. Namun dengan perawatan tepat, Anda bisa mendapatkan kaos sablon yang tetap awet dan tahan lama. 

JKID, Solusi Terbaik untuk Kebutuhan Sablon Anda

Buat kaos promosi di JKID, Sumber: jogjakonveksi.id
Buat kaos promosi di JKID, Sumber: jogjakonveksi.id

Dalam dunia fashion, kaos merupakan salah satu pilihan yang cukup populer dan serbaguna. Sebab kaos dengan desain unik dan personal mampu menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengekspresikan diri dan menciptakan gaya unik. 

Untuk bisa mencetak kaos dengan desain khusus Anda dapat mempercayakan kebutuhan tersebut kepada jasa sablon kaos yang profesional dan terpercaya. 

Jasa sablon kaos adalah layanan yang menyediakan proses percetakan desain pada kaos dengan teknik sablon tertentu. Jasa ini mampu menjadi solusi terbaik bagi Anda untuk kebutuhan mencetak kaos dengan desain khusus.

Jika sedang mencari jasa sablon kaos Jogja berkualitas dan terpercaya, JKID jawabannya. Kami menyediakan berbagai pilihan teknik sablon, bahan kaos berkualitas dan harga kompetitif untuk bisa menciptakan kaos dengan desain unik yang memuaskan. Jadi jangan ragu percayakan kebutuhan Anda kepada kami yang sudah profesional dan berpengalaman.

Leave a Comment