5 Kota Fashion Di Indonesia, Kiblat Konveksi Indonesia

Untuk masalah fashion, pastinya Indonesia tidak kalah dengan negara-negara yang lain. Ada beberapa kota fashion di Indonesia yang menjadi pusat mode dan menjadi kiblat fashion bagi masyarakat. Hal ini juga dapat didukung dengan banyaknya brand-brand lokal yang muncul dan saat ini sudah mulai dilirik oleh masyarakat Indonesia.

Sejarah Fashion di Indonesia

Jika berbicara tentang sejarah fashion di Indonesia bisa kita mulai pada masa kuno yaitu pada zaman kerajaan, seperti pada zaman kerajaan majapahit dan sriwijaya yang mana pada zaman itu sudah ada pakaian yang indah dan rumit. Namun, sudah beberapa tahun dekade ini perkembangan fashion sudah mengalami perubahan yang signifikan.

Yang mendorong perkembangan fashion ini adalah globalisasi dan kemajuan teknologi. Saat ini, industri fashion di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya desainer yang sudah diakui pada tingkat internasional. Mereka sudah mampu menampilkan karya mereka, di panggung fashion dunia. 

Tentunya para desainer mampu menggabungkan elemen tradisional Indonesia dengan sentuhan modern dan mereka dapat menciptakan pakaian yang memadukan warisan budaya dengan gaya yang kontemporer. Salah satu desainer yang sudah sukses dan diakui di Internasional adalah Anne Avantie.

Beliau memiliki desain yang berhasil menggabungkan batik tradisional dengan desain modern. Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang paling terkenal. Dan  Anne Avantie telah berhasil mengangkatnya ke panggung dunia, ada dua desainer terkenal lainnya yang juga sudah sukses di dunia.

Kedua desainer tersebut adalah Tex Saverio dan Sebastian Gunawan. Mereka mampu telah mencuri perhatian dengan karya-karya mereka yang mencerminkan kekayaan budaya Indonesia. kedua desainer tersebut menggunakan bahan-bahan tradisional seperti tenun dan songket dalam karya-karya mereka.

Dari bahan-bahan tersebut mereka mampu menciptakan gaun yang gaun-gaun yang megah dan elegan. Namun, tidak hanya desainer yang berkontribusi dalam perkembangan fashion yang ada di Indonesia ini, kesadaran masyarakat akan mode dan tren juga berpengaruh. Perkembangan teknologi seperti internet juga turut berperan.

Jadi masyarakat lebih mudah untuk mengikuti tren fashion terkini dan mendapatkan inspirasi dari berbagai sumber. Seperti inspirasi dari selebriti ataupun influencer fashion. Hal ini juga bisa menjadi alasan adanya beberapa kota fashion di Indonesia. 

5 Kota fashion di Indonesia

Jika Anda tertarik dengan kota fashion di Indonesia, kami memiliki beberapa rekomendasi kota yang bisa Anda kunjungi. kota-kota merupakan kota favorit karena merupakan kota yang fashionable. Yuk kita intip 6 kota yang menjadi kota fashionable tersebut.

1. Bandung

5 Kota Fashion Di Indonesia, Kiblat Konveksi Indonesia
Bandung Factory Outlet. Sumber: Pinterest.com

Kota Bandung menjadi kota nomor 1 yang dijuluki sebagai kota fashion dan sering disebut juga sebagai Paris Van Java. Salah satu kota fashion di Indonesia ini sudah menjadi kiblat fashion dari tahun 1900-an. Selain menjadi kota fashion, Bandung juga kreativitas dan banyak brand-brand lokal juga yang pastinya memiliki kualitas terbaik.

Kota Bandung ini menjadi kiblat fashion karena kota ini merupakan salah satu kota yang menjadi industri tekstil terbesar di Indonesia. Dan kota ini juga sering dijadikan sebagai tuan rumah untuk festival fashion. Ada beberapa brand distro lokal yang bisa Anda jadikan rekomendasi untuk meng-upgrade style Anda.

2. Yogyakarta

5 Kota Fashion Di Indonesia, Kiblat Konveksi Indonesia
Fashion adat modern Jogja. Sumber: Pinterest.com

Kota Yogyakarta terkenal dengan memiliki banyak tempat wisata dan budanya yang kental. Namun, kota ini juga dikenal sebagai kota mode karena memiliki gaya fashion yang identik dengan batik. Anda dapat melihatnya saat berada di Malioboro, ada banyak wisatawan dan warga lokal yang berjalan-jalan menggunakan batik.

Dari wisatawan dan warga lokal yang menggunakan batik tersebut, akan terlihat sedang melakukan fashion street seperti di luar negeri. Namun masih dengan mode fashion yang tetap khas serta melokal, dan disinilah letak uniknya.

Tentu saja produk konveksi tidak hanya dalam bentuk pakaian, tapi juga dalam bentuk mukenah bahkan sajadah yang notebene merupakan perangkat ibadah sekaligus oleh-oleh wisata religi hingga oleh-oleh umroh Jogja.

3. Ubud (Bali)

5 Kota Fashion Di Indonesia, Kiblat Konveksi Indonesia
Fashion adat modern Ubud, Bali. Sumber: Google.com

Salah satu kota yang ada di Pulau Dewata ini juga merupakan kota mode di Indonesia. kota ini juga sudah menyelenggarakan beberapa event fashion yang terkenal eksotis dan cukup menarik perhatian wisatawan. Dengan sentra budaya dan seni Bali yang khas, para turis dapat menemukan fashion dengan mode kontemporer. 

4. Balikpapan

Balikpapan merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan dan pada tahun 2015 pernah mendapatkan predikat sebagai The World’s Most Lovable City. Selain itu, kota ini juga disebut sebagai kota mode. Meskipun belum menjadi kota mode nasional maupun dunia seperti Paris di negara Prancis. 

Namun, pada tahun 2020 Balikpapan mengadakan event terbesar di bidang fashion dengan tajuk Balikpapan fashion Week (BFW). BFW ini merupakan event mode pertama dan sebagai sarana meningkatkan perkembangan UMKM di Kalimantan Timur.

5 Kota Fashion Di Indonesia, Kiblat Konveksi Indonesia
Balikpapan Islamic Fashion Week. Sumber: Google.com

Sementara itu acara BFW yang diselenggarakan oleh BSB ini dapat berkontribusi dengan harapan Balikpapan dapat menjadi kota industri fashion dan sebagai pusat fashion di Indonesia Timur.

5. Semarang

Sudah tidak diragukan lagi bila salah satu kota terbesar di Jawa Tengah ini menjadi kota mode. Pernyataan tersebut didukung dengan adanya event yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2023. Acara tersebut bertajuk Semarang fashion Trend (SFT) 2023 dan merupakan acara yang menyorot perhatian khalayak ramai.

5 Kota Fashion Di Indonesia, Kiblat Konveksi Indonesia
Toko Trend Semarang, pusat belanja fashion Semarang. Sumber: Google.com

Dari acara tersebut semakin membuat nama Kota Semarang sebagai salah satu kota mode dan juga sekaligus menjadi acuan trend di Indonesia yang mengutamakan konten lokal. Event SFT ini merupakan kolaborasi antara Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang dengan Indonesian fashion Chamber (IFC).

Dan event ini diharapkan dapat mengangkat wastra dari Jawa Tengah untuk mampu berkompetisi di pasar internasional. Hasil kolaborasi ini mengharapkan bisa melahirkan talenta-talenta muda di bidang fashion yang kreatif dan inovatif.

Nah itu dia informasi mengenai beberapa kota fashion yang ada di Indonesia. Anda juga bisa menambah referensi Anda dengan membaca cara marketing konveksi yang efektif dan efisien  agar mendapatkan wawasan yang lebih luas.

Leave a Comment