6 Tips memilih kain batik yang anda harus perhatikan, agar tidak salah pilih!

//

Batik adalah kain yang bergambar dan proses pembuatannya dengan cara yang khusus yaitu di gambar dengan menorehkan malam pada suatu kain yang masih kosong. Kemudian dilakukan proses khusus sehingga mempunyai ciri khas tersendiri pada kain tersebut. Batik berasal dari kata mbat yang artinya ngembat atau disebut juga melempar berulang-ulang dan tiknya artinya titik.

Jadi, membaik mempunyai arti melempar berulang-ulang pada kain tersebut. Kain batik yang mempunyai nilai seni yang tinggi dan menjadi bagian dari budaya Indonesia. Kain ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan busana atau pakaian pria dan wanita.

Faktor yang Mempengaruhi Adanya Motif-motif  Batik

Indonesia mempunyai beberapa motif batik yang terkenal dengan budaya setempat. Beberapa faktor yang mempengaruhi adanya motif-motif batik lainnya adalah karena letak geografis, misalnya untuk yang tinggal di daerah pesisir pantai akan menghasilkan batik dengan motif yang berhubungan dengan laut, begitu pula dengan yang tinggal di pegunungan akan terinspirasi oleh alam sekitarnya, sifat dan tata penghidupan daerah, kepercayaan dan adat di suatu daerah, serta keadaan alam sekitar termasuk flora dan fauna.

Tips Memilih Kain Untuk Seragam Batik

Sebagai warga negara Indonesia alangkah baiknya memilih kain batik, karena dengan menggunakan pakaian batik anda juga akan menjaga warisan budaya batik ini. Namun dengan kesibukan beberapa orang seringkali tidak ada kesempatan untuk membeli kain batik di produsennya atau pasar konvensional.

Tak perlu kebingungan anda akan tetap bisa membeli baju batik di toko online terpercaya yang menyediakan berbagai jenis kain dan juga dengan motif yang beragam. Anda bisa membelinya di produsen seragam batik yang cocok untuk dipakai. Seragam batik ini pasti sangat dibutuhkan oleh perusahan-perusahaan besar.

Bisa dibilang seragam batik adalah identitas yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Oleh karena itu seragam batik kantor harus sebisa mungkin dapat digunakan dengan nyaman, tidak kendor, dan warna yang tidak luntur. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk anda dalam memilih kain batik yang diinginkan antara lain:

1. Memperhatikan Jenis Kain Batik 

Terdapat dua jenis dalam kain batik yaitu kain batik tulis dan kain batik cap. Untuk kain batik tulis dalam pembuatannya secara manual oleh tangan manusia. Proses penyelesaiannya untuk sebuah kain batik tulis akan memakan waktu yang lama.

Dan tingkat kerumitannya pun cukup tinggi serta membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus untuk menulis batik. Pantas saja kualitasnya lebih bagus dan memiliki nilai seni yang tinggi. Dan untuk kain batik cap yang hanya cukup di cetak langsung pada kain yang ingin dibatik.

2. Memilih Motif Batik 

Setiap kain batik pasti memiliki motif yang berbeda-beda. Dan setiap orang pun akan suka untuk motif-motif tertentu. Yang setiap orang berbeda-beda dalam hal kesukaan mengenai motif batik. Beberapa contoh motif batik yang terkenal di Indonesia antara lain: seperti batik sidomukti, batik kawung, batik parang, dan lain sebagainya.

Dan apabila sebuah batik yang dalam pembuatan motifnya rumit, maka akan memberikan nilai tambah. Ada pula orang yang memilih kain batik yang motifnya jarang dimiliki oleh orang lain. Tetapi, pilihan ada pada kita yang akan membelinya.

3. Jenis Bahan Kain

Selanjutnya anda harus memilih bahan kain yang bagus. Jika akan digunakan untuk kegiatan sehari-hari misalnya untuk seragam kantor atau lainnya, maka kain berbahan katun itu bagus. Kain bahan katun yang dapat menyerap keringat akan memberikan kenyamanan untuk anda. 

Baca Juga: Jasa Desain Logo

4. Meraba Bagian Cetakan Warna

Rabalah kain batik yang anda pilih. Untuk tips ini pastikan tidak ada warna yang menempel di tangan anda. Jika warna tersebut tertinggal dari kain ke tangan sudah pasti kain tersebut memiliki kualitas yang rendah. Sehingga jika dijadikan sebagai seragam batik akan kurang bagus. Maka dari itu anda harus memilih cetakan warna yang bagus pada kain batik anda dan tidak mudah pudar.

5. Melihat Bahan

Kain batik dengan kualitas bagus biasanya memiliki cetakan yang sama di bagian luar dan dalamnya. Ketika anda membalik kain batik untuk motif dan warna yang ada pada bagian dalam sama dengan bagian luar. Inilah yang menunjukkan kain batik tersebut telah melalui proses pembuatan yang detail dan lebih awet ketimbang kain batik yang bagian luar dan dalamnya berbeda.  

6. Tempelkan Kain Pada Kulit

Cobalah untuk menempelkan kain batik yang anda beli ke kulit. Anda akan merasakan bahwa kain batik itu akan terasa dingin jika dikenakan. Artinya bahan batik tersebut merupakan kain dengan kualitas yang bagus dan kain ini juga lebih awet yang tidak akan mudah kusam meskipun anda telah mencucinya berkali-kali. Jangan takut apabila anda menemukan kain batik yang tampak kaku, karena hal ini memang sering terjadi dan akan melunak dengan sendirinya setelah dicuci.

Begitulah 6 tips tentang bagaimana memilih kain batik yang harus anda perhatikan  dan yang dapat dibagikan untuk anda. Kain batik sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakain seragam batik yang dapat dipakai untuk  pria maupun wanita dan sesuai dengan desainnya. Dan sangat bagus dikenakan saat acara formal maupun acara non formal.

Kenyamanan untuk memakai pakaian juga diperhatikan, maka dari itu pilihlah bahan yang cocok untuk anda seperti bahan katun. Nah, berikut ini penjelasan artikel yang berjudul mengenal bahan katun yang nyaman untuk dikenakan. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. 

Leave a Comment