Mengenal 5 Kelebihan Teknik Sablon Polyflex Beserta Proses Produksinya

Agar bisa bersaing di dunia bisnis fashion, seorang pengusaha harus bisa terus berinovasi menciptakan produk yang menarik. Salah satu cara membuat produk pakaian terlihat semakin menarik yaitu menambahkan desain menggunakan teknik sablon polyflex.

Dari banyaknya teknik sablon yang ada, sablon polyflex cukup banyak peminatnya meskipun saat ini sudah ada teknologi digital printing. Salah satu alasannya yaitu karena sablon polyflex mampu menempel dengan kuat sehingga tidak mudah lepas.

Apa Itu Bahan Polyflex?

Teknik sablon polyflex, Sumber: printgraphicmagz.com
Teknik sablon polyflex, Sumber: printgraphicmagz.com

Teknik sablon polyflex adalah salah satu metode sablon yang sangat populer dunia bisnis pakaian. Metode ini menggunakan bahan dasar berupa stiker atau vinyl yang diproses melalui mesin cutting sticker.

Mesin tersebut dibutuhkan untuk memotong desain yang diinginkan. Setelah proses pemotongan selesai, stiker kemudian diaplikasikan pada kain menggunakan mesin heat press. Proses pemanasan dari mesin heat press membuat stiker menempel dengan kuat pada kain.

Kelebihan Teknik Sablon Polyflex

Salah satu alasan mengapa sablon polyflex sangat diminati yaitu karena prosesnya yang cepat dan mudah sehingga banyak pengusaha konveksi yang menyukainya. Selain itu tentu saja masih banyak kelebihan lain.

Lantas apa saja kelebihan teknik sablon polyflex? Temukan jawabannya dalam pembahasan lengkap  mengenai kelebihan sablon polyflex di bawah ini.

1. Cocok untuk Desain Satuan

Sablon polyflex sangat cocok untuk membuat desain dalam jumlah satuan karena fleksibilitas dan kecepatannya dalam proses produksi. Proses aplikasi yang cepat memungkinkan pembuatan desain secara satuan dengan efisien tanpa memerlukan setup yang rumit.

Sablon polyflex sebenarnya memiliki cara kerja yang hampir sama dengan printer pada umumnya. Untuk membuat desain, pertama Anda perlu membuat gambar melalui komputer. Kemudian tinggal dicetak pada vinyl sebelum diaplikasikan pada pakaian.

2. Hasil Cetakan Bagus

Selain proses yang praktis dan cepat, hasil cetakan menggunakan teknik sablon polyflex tetap memuaskan karena tingkat presisi yang tinggi. Desain yang dihasilkan terlihat rapi dan berkualitas karena teknologi sablon ini mampu menciptakan detail yang halus. 

Meskipun terdapat keterbatasan dalam pilihan warna, Anda masih bisa mengatasi hal ini dengan mengkombinasikan warna yang tersedia secara kreatif. Fleksibilitas dalam mengatur warna memungkinkan Anda untuk menciptakan desain yang menarik dan unik.

3. Tidak Mudah Rusak

Bahan vinyl pada sablon polyflex memiliki tekstur elastis. Sifatnya yang elastis membuat desain yang dihasilkan memiliki ketahanan dan kekuatan yang sangat bagus sehingga tidak mudah rusak. 

Desain yang tercetak dengan teknik ini akan melekat kuat, bahkan setelah dicuci berkali-kali. Karena sifatnya yang awet maka produk fashion yang dibuat menggunakan teknik sablon polyflex akan selalu tampak seperti baru.

4. Cukup Diandalkan di Dunia Olahraga

Sablon polyflex sering dipilih untuk pembuatan jersey sepak bola untuk nama-nama terkenal seperti Messi, Ronaldo, atau Neymar. Keunggulan teknik ini tidak hanya terbatas pada jersey sepak bola, tetapi juga diaplikasikan dalam pembuatan pakaian olahraga lainnya. 

Kemampuan sablon polyflex untuk menghasilkan cetakan yang tajam dan tahan lama membuatnya menjadi pilihan utama dalam industri olahraga. Tidak hanya itu, teknik ini juga telah merambah ke pakaian sehari-hari.

5. Perawatan yang Mudah

Baju yang digambar menggunakan teknik sablon polyflex memiliki cara perawatan yang mudah. Anda bisa mencuci pakaian tersebut secara normal menggunakan mesin cuci tanpa harus merasa khawatir desain akan rusak.

Setelah dicuci, desain tetap utuh dan warnanya tidak memudar. Namun yang perlu diingat adalah tetap ikuti petunjuk perawatan yang disarankan oleh produsen untuk memastikan daya tahan dan keindahan desain yang optimal.

Proses Pembuatan Print Polyflex

Pembuatan desain untuk sablon, Sumber: lifewire.com
Pembuatan desain untuk sablon, Sumber: lifewire.com

Membuat sablon polyflex adalah proses yang melibatkan beberapa langkah penting untuk menciptakan desain yang berkualitas tinggi dan tahan lama. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilalui dalam membuat sablon polyflex:

1. Membuat Desain Menggunakan Komputer

Langkah awal yang harus dilakukan dalam membuat sablon polyflex adalah merancang desain yang diinginkan. Membuat desain bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak desain seperti corel draw atau adobe illustrator pada komputer atau laptop. 

Desain yang Anda buat akan sangat berpengaruh terhadap tampilan baju atau produk fashion. Oleh karena itu Anda harus bisa memastikan bahwa desain tersebut sesuai dengan kebutuhan dan memiliki kualitas yang baik.

2. Mencetak Desain dengan Mesin Cutting

Desain yang sudah dibuat kemudian dicetak menggunakan mesin cutting digital. Proses ini penting untuk menghasilkan cuttingan yang akurat sesuai dengan desain yang telah dibuat sebelumnya. 

Setelah proses cutting selesai, langkah berikutnya adalah mengelupas hasil cutting agar menyisakan hasil desainnya saja. Proses ini membutuhkan ketelitian agar tidak merusak desain.

3. Mengaplikasikan Desain

Hasil cutting yang telah dikupas akan ditempelkan ke media yang diinginkan menggunakan mesin heat press. Proses pengepresan dilakukan untuk memastikan bahwa bahan polyflex melekat secara sempurna pada kain. 

Setelah proses pengepresan selesai, diamkan kaos atau produk fashion selama beberapa saat sampai dingin. Hal itu bertujuan agar bahan polyflex bisa merekat sempurna pada media cetak. Setelah dingin, lapisan bening pada gambar desain bisa dilepaskan secara perlahan.

Jasa Sablon Kaos

Jasa sablon kaos, Sumber: sublimbandung.com
Jasa sablon kaos, Sumber: sublimbandung.com

Jika Anda tertarik membuat aneka produk fashion mulai dari kaos, seragam olahraga, jaket, topi hingga tote bag menggunakan teknik sablon polyflex maka bisa menjalin kerjasama dengan JKID.

Kami merupakan konveksi yang menerima jasa sablon kaos Jogja untuk kebutuhan sendiri maupun untuk dijual lagi. Meskipun proses produksi dilakukan di Yogyakarta, Anda yang berasal dari luar Jogja tetap bisa memesannya secara online.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal menghubungi kami melalui kontak yang tersedia untuk berkonsultasi mengenai desain yang diinginkan atau untuk pesan langsung. Jadi tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang juga dan dapatkan berbagai penawaran menarik dari kami.

Leave a Comment