Mengenal Kain Rayon Viscose yang Memiliki Tekstur Lembut dan Mewah

Di era pesatnya perkembangan dunia fashion, kini kain tidak lagi hanya menjadi penutup tubuh saja, tetapi sebuah karya seni yang melibatkan serat, tekstur, dan keanggunan. Salah satu bukti perkembangan tersebut adalah penemuan kain rayon viscose yang unik.

Salah satu jenis kain rayon yang langsung menyentuh hati penyuka fashion sebagai kain yang lembut, ringan, dan mewah. Maka tak heran apabila kini Anda menemukan banyak pakaian atau bahkan kerudung yang terbuat dari kain rayon viscose.

Oleh karena itu, di kesempatan kali ini, JKID ingin mengajak Anda untuk menelusuri lebih jauh tentang pesona dan karakteristik yang membuat kain rayon ini begitu istimewa. 

Apa Itu Kain Rayon Viscose?

Kain rayon viscose, Sumber: kompas.com
Kain rayon viscose, Sumber: kompas.com

Singkatnya, rayon viscose adalah jenis rayon semi-sintetis yang dihasilkan dari pulp kayu. Dari bahan dasarnya inilah, tercipta kain dengan kelembutan istimewa, bahkan kain ini sering diakui sebagai pengganti sutra berkat kesan halusnya yang sama.

Maka dari itu, kain rayon ini bisa menjadi opsi terbaik bagi mereka yang menginginkan kain yang berkilau dan tekstur yang lembut. 

Keistimewaan lainnya dari rayon viscose terletak pada kemampuannya yang bisa dipadukan dengan jenis serat lainnya, seperti polyester, katun yang juga dimanfaatkan sebagai kain gorden, hingga spandeks. Sehingga dengan kain rayon viscose tidak ada lagi batasan bagi kreasi fashion.

Karakteristik Kain Rayon Viscose

Karakteristik kain viscose, Sumber: bahankain.com
Karakteristik kain viscose, Sumber: bahankain.com

Lalu bagaimana karakteristik kain rayon ini? Apa yang membuat kain bahan ini populer di dunia fashion? Dan apa yang membuat kain ini begitu istimewa?

Nah, untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, mari kita bahas dari karakteristik kain rayon viscose ini. Apa saja? Berikut pembahasannya di bawah ini:

1. Warnanya Bervariasi

Rayon viscose memiliki keistimewaan dalam hal warna, di mana kain ini dikenal dapat dengan mudah menyerap warna dan mempertahankan kecerahan warna dalam jangka waktu yang lama. 

Mulai dari warna muda hingga tua, Anda bisa menemukannya di varian kain viscose ini. Dengan begitu, tak ada lagi batasan untuk menciptakan variasi busana yang menarik, menawan, dan anggun dengan menggunakan rayon viscose ini.

2. Mirip dengan Kain Sutra

Tidak hanya memiliki warna yang bervariasi, rayon viscose juga memiliki tekstur yang mirip dengan bahan sutra. Oleh karena itu, kain ini sering digunakan sebagai opsi alternatif yang lebih terjangkau daripada bahan sutra. 

Terlebih kain ini juga memiliki sifat yang mengkilap, membuatnya mampu memberikan tampilan yang elegan dan mewah kepada setiap busana yang diproduksi dengan bahan ini.

Itulah kenapa, banyak produsen sablon kaos Jogja dan sekitarnya mempercayakan kain rayon ini untuk memproduksi busana mereka.

3. Bahannya Adem

Keistimewaan lainnya adalah kemampuan rayon viscose dalam menyerap keringat dengan baik karena memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini membuat pakaian yang terbuat dari bahan ini memberikan sensasi adem dan kenyamanan maksimal, bahkan saat digunakan di musim panas.

Kelebihan dan Kekurangan Rayon Viscose

Kelebihan dan kekurangan kain viscose, Sumber: sugengpr77.com
Kelebihan dan kekurangan kain viscose, Sumber: sugengpr77.com

Mulai tertarik untuk menggunakan kain bahan ini sebagai bahan dasar produksi busana Anda? Jika demikian, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan dari rayon viscose untuk memantapkan lagi keputusan Anda.

Kelebihan

Pertama-tama mari kita bahas terlebih dahulu kelebihannya, berikut pembahasannya di bawah ini:

1. Harga Terjangkau

Apabila Anda menginginkan kain bahan sutra sebagai bahan dasar produksi Anda tetapi terhambat oleh keterbatasan budget yang ada, maka memilih rayon viscose sebagai gantinya adalah solusi paling tepat yang bisa Anda gunakan.

Mengingat bahwa jenis bahan ini dicampur serat sintetis, maka kain bahan ini akan cenderung lebih terjangkau. Akan tetapi, Anda akan tetap mendapatkan kualitas kain yang sama seperti kain sutra.

2. Perawatannya Mudah

Meski memiliki tekstur yang sama dengan sutra, kain rayon viscose cenderung lebih mudah dirawat bahkan kain ini juga tidak perlu perawatan khusus untuk menjaga kualitasnya tetap optimal.

3. Tidak Mudah Pudar

Tidak mudah pudar dan tidak terlihat kusam adalah penjabaran yang bisa menjelaskan keistimewaan dari rayon viscose ini. Jadi, Anda tak perlu khawatir busana Anda akan mudah rusak setelah digunakan dan dicuci berulang kali.

Kekurangan

Seperti halnya jenis kain lainnya, kain rayon viscose tak hanya memiliki kelebihan, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya:

1. Tidak Ramah Lingkungan

Dikarenakan proses pembuatannya yang melibatkan bahan kimia dan menghasilkan asap beracun, bahan rayon viscose termasuk pada bahan yang tidak ramah lingkungan.

2. Tidak Cocok untuk Perabotan Rumah Tangga

Sifatnya yang lembut memang menggiurkan untuk memproduksi banyak benda, akan tetapi ada baiknya untuk menggunakan rayon viscose ini sebagai bahan dasar pembuatan perabotan rumah tangga, seperti sprei dan sarung bantal.

Sebab, rayon viscose tidak bisa kembali ke bentuk aslinya setelah diregangkan, terutama ketika dicampur dengan beberapa jenis bahan lainnya.

Yak, sampai sinilah eksplorasi kita kali ini mengenai kain rayon viscose. Setelah membaca informasi ini, bagi mereka yang menghargai kenyaman dan gaya tentu tidak akan bisa menolak dari pesona rayon viscose. 

Maka tak heran, kain ini terus memikat hati para pecinta fashion yang menginginkan keanggunan di setiap serat pakaiannya. Dan mungkin kini, Anda menjadi salah satu dari mereka yang mulai jatuh hati kepada kain bahan yang istimewa ini.

Jika demikian, mulailah berkreasi dengan kain rayon viscose dan bagikan serta rasakan pesonanya di setiap busana yang Anda gunakan. 

Apabila Anda berkenan untuk mengenal jenis kain rayon lainnya, maka jangan sungkan untuk membuka website kami untuk mendapatkan informasi mendalam terkait kain rayon. Terimakasih sudah membaca hingga akhir!

Leave a Comment