Tips Membersihkan Noda Madu pada Kain

Membersihkan Noda Madu – Kain merupakan jenis bahan tekstil yang diolah sedemikian rupa dengan menyilangkan benang lusi dan benang pakan. Serat penyusun pada kain dapat dikelompokkan atas dua yaitu serat alam dan serat buatan. Untuk serat buatan dibagi menjadi dua yaitu serat setengah buatan dan serat sintetis goet poespo.

Seiring berkembangnya minat serta selera konsumen terhadap variasi warna tekstil dan kenyamanan kain merupakan hal penting yang harus diperhatikan, yang merupakan era globalisasi sebagai gelombang menuju perubahan modernitas pada saat ini sudah melanda sendi kehidupan termasuk peningkatan kebutuhan kain.

Warna-warna indah yang telah dihasilkan akan menimbulkan daya tarik yang tinggi bagi konsumennya yang mempunyai kekuatan tersendiri dan dapat menciptakan suasana tertentu bagi konsumen, dan kenyamanan kainnya juga menjadi utama dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu. Namun keberadaan noda yang menempel akan membuat Anda merasa jengkel, apalagi nodanya melekat seperti madu.

Berbeda dengan produk british propolis atau jenis herbal lain, madu meski enak rasanya bisa membuat berantakan, apalagi jika menempel pada kain. Sulit dilepas karena viskositas dan sifat lengketnya yang tinggi. Pada dasarnya, cairan emas ini adalah kombinasi dari berbagai jenis gula dan senyawa lainnya. Meski demikian, Anda bisa menghilangkan noda madu dari kain. Cara terbaik adalah membersihkan noda madu sesegera mungkin atau jika tidak, ia cenderung berkerak dan terjebak dalam serat.

Jika kain pakaian Anda terkena noda madu, jangan khawatir sob! Karena ada banyak cara untuk membersihkan noda madu. Misalnya dengan sesegera mungkin dibilas dengan air ketika terkena madu.
Ilustrasi noda madu pada kain pakaian, sumber: jybmedia.com

Tips Membersihkan Noda Madu

Untuk Anda yang memiliki pakaian berbahan kain yang terkena noda madu, jangan khawatir dibawah ini kami berikan beberapa tips untuk membersihkan noda madu pada kain tanpa perlu merogoh biaya mahal dan dengan cara dan bahan yang mudah ditemukan. Apa saja bahannya? Yuk simak uraian dibawah ini sampai selesai.

Cepat Dibersihkan

Menunggu untuk membersihkan noda madu yang menempel pada kain adalah ide yang buruk. Jika mengeras, Anda akan lebih sulit untuk menghilangkan noda yang melekat tanpa merusak serat pakaian Anda. Gunakan pisau mentega untuk membuang kelebihan madu dengan hati-hati. Jika terlalu sulit, jangan repot-repot mengorek, Anda bisa mencoba tips selanjutnya.

Baca juga: Mengenal bahan cotton yang nyaman untuk pakaian

Gunakan Air Dingin

Air dingin akan membantu mengencerkan madu tanpa membuat noda pada kain. Madu akan mulai larut dalam air dingin, hal itu akan membuat Anda lebih mudah untuk menghilangkan noda pada kain. Setelah direndam selama beberapa menit dengan air dingin, Anda dapat mencoba menggosok madu dengan lembut menggunakan sikat yang halus atau spons untuk cuci piring. Sebab kain memiliki karakter yang sama dengan bahan kulit tas wanita yang memerlukan perlakuan khusus.

Selain untuk menghilangkan noda madu. Noda lain yang bisa dicuci menggunakan air dingin adalah noda berbahan dasar protein, seperti noda telur, noda dari produk susu, noda deodoran, lem,  hingga noda darah. Mencuci pakaian dengan air dingin lebih aman bagi tekstur kain, jadi kalau tidak yakin harus memakai air dingin atau panas, maka lebih baik cuci dengan air dingin agar tidak berisiko merusak kain.

Air dingin akan membantu mengencerkan madu tanpa membuat noda pada kain. Madu akan mulai larut dalam air dingin, hal itu akan membuat Anda lebih mudah untuk menghilangkan noda pada kain.
Air dingin, sumber: klikdokter.com

Gunakan Detergen Cair

Gunakan deterjen cair ke area yang terkena noda, rendam sepenuhnya. Biarkan kain pada pakaian Anda setidaknya selama lima menit, lalu air panas disiramkan melalui bagian belakang noda di atas bak cuci. Buat air sepanas yang Anda bisa untuk memaksa noda madu keluar dari pakaian. Cara ini bisa Anda praktekkan jika memang tips sebelumnya tidak berhasil.

Gunakan Bahan Pemutih

Jika noda masih ada dan pakaiannya berwarna putih, atau Anda telah mengujinya untuk mengatasi warna, ada beberapa solusi lain yang dapat Anda coba. Pastikan Anda memahami bahwa barang-barang ini dapat memutihkan pola dan warna bersama dengan noda. Oleskan bahan pemutih ringan, seperti hidrogen peroksida, cuka putih, atau jus lemon ke noda dan digosok menggunakan spons. Bilas kain secara menyeluruh dengan air dingin.

Gunakan Cuka

Fungsi cuka sebagai pemutih baju memang sudah tidak diragukan lagi. Kegunaannya pun juga dapat menghilangkan noda madu yang menempel pada baju Anda, baik pada tingkat noda madu yang terbilang ringan maupun noda madu membandel. Namun alangkah baiknya jika kamu memadukannya dengan garam dapur agar proses pembersihan noda menjadi lebih cepat.

Baca juga: Cara merawat celana jeans Anda agar awet

Cukup dengan mencampurkan semua bahan ke dalam wadah yang sudah disediakan, lalu balurkan ke atas baju bernodamu hingga merata. Setelah itu keringkan di bawah terik matahari. Barulah setelah kering, kamu mencuci baju tersebut hingga bersih. Tips yang satu ini rekomended banget untuk dicoba.

Gosok dengan Sikat Gigi

Untuk kain pakaian dengan noda madu yang terbentuk dari tetesan madu yang telah kering, kamu cukup gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan nodanya. Gosok perlahan noda pada baju dengan tambahan bahan-bahan diatas. Setelah selesai digosok Anda bisa segera membilasnya untuk mengetahui hasilnya.

Untuk kain pakaian dengan noda madu yang terbentuk dari tetesan madu yang telah kering, kamu cukup gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan nodanya.
Nampak sikat gigi, sumber: merdeka.com

Periksa Sebelum Dijemur

Sebelum mengeringkan pakaian, pastikan bahwa noda benar-benar hilang. Jika madu masih ada dan Anda mengeringkan pakaian di pengering, itu akan mengatur noda secara permanen. Sebagai alternatif, Anda bisa membiarkan pakaian kering, lalu periksa lagi untuk area yang mengeras atau gelap. Jika noda masih ada, ulangi langkah-langkah di atas. Setelah noda hilang, pakaian tersebut aman untuk dikeringkan di pengering atau dijemur.

Nah itulah beberapa tips membersihkan noda madu pada kain yang bisa Anda aplikasikan pada pakaian bernoda Anda. Jika setelah mencoba mengamalkan tips di atas, ternyata nodanya tetap tidak bisa hilang. Maka kami sarankan agar Anda mencoba menggunakan produk penghilang noda yang dijual di pasaran. Semoga itu bisa membantu.

Leave a Comment