Sudah Pernah Dengar Bahan Kain Jacquard? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Dari sekian banyak kain berkualitas sepertinya masih banyak yang asing dengan keberadaan bahan kain jacquard. Padahal jacquard terkenal sebagai kain berkualitas tinggi. Selain itu juga memiliki tampilan yang cantik, mewah, serta elegan.

Salah satu alasan mengapa kain jacquard termasuk sebagai primadona adalah memberikan kenyamanan ketika digunakan. Materialnya tidak menahan panas sehingga tetap sejuk pada pemakaian di berbagai suasana.

Kenalan dengan Bahan Kain Jacquard yang Terkenal Mewah

Bahan Jacquard, Sumber: tradeuno.com
Bahan Jacquard, Sumber: tradeuno.com

Pada tahun 1804 ada seorang tokoh yang menemukan teknik pembuatan kain jacquard yakni Joseph Marie Jacquard. Dari nama sang penemulah mengapa kain ini memiliki sebutan jacquard.

Teknik pembuatan kain jacquard menggunakan mesin tenun khusus untuk menghasilkan pola timbul. Hasilnya sangat berbeda dengan hasil mesin bordir ataupun printing. Tidak heran jika terlihat bagus dan begitu menawan.

Kelebihan dan Karakteristik Bahan Kain Jacquard

Kelebihan dari bahan jacquard, Sumber: cloudfront.net
Kelebihan dari bahan jacquard, Sumber: cloudfront.net

Selain pola yang terlihat menawan kain ini juga punya kelebihan lain yang menjadikannya memiliki kualitas terbaik. Nah di bawah ini adalah beberapa penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan kain jacquard.

1. Memberikan Kelembutan Ketika Digunakan

Salah satu alasan mengapa banyak orang memilih kain jacquard untuk material pakaian adalah memberikan rasa lembut saat digunakan. Kelembutan tersebut berasal dari perpaduan campuran material katun.

Seperti yang sudah diketahui material katun sendiri dikenal memiliki sifat tidak menjebak hawa panas. Jadi ketika digunakan untuk berbagai macam acara atau suasana maka kain ini akan tetap memberikan rasa sejuk sekaligus nyaman. 

2. Ada Banyak Sekali Pilihan Pola 

Karakteristik dari bahan kain jacquard yang lainnya adalah memiliki banyak sekali pilihan pola atau tidak terbatas.  Pola tersebut mulai dari klasik hingga modern. Dengan begitu akan mudah bagi Anda untuk menyesuaikan pola berdasarkan kebutuhan maupun selera.

Pola pada kain jacquard tenun lebih banyak dibandingkan dengan kain jacquard printing. Pasalnya polanya akan ditenun bersama kain dasarnya. Sedangkan proses printing dilakukan setelah kain jacquard sudah jadi. 

Alat tenun tersebut mampu membuat berbagai macam pola ataupun corak kain yang kompleks. Hal tersebut dapat dilihat dari motif yang timbul pada bagian permukaannya. Anda pasti akan bisa membedakannya ketika melihat secara langsung.

3. Kerapatan Benang yang Tinggi

Selain beberapa karakteristik yang telah disebutkan tadi ada karakteristik lain yakni memiliki kerapatan yang tinggi atau bagus. Seperti yang telah Anda ketahui bahwasanya semakin tinggi kerapatan dari sebuah kain maka semakin bagus pula bahan yang digunakan. 

Dengan kata lain bahan kain jacquard termasuk berkualitas. Bahkan cenderung mewah ketika dilihat dari segi tampilannya. Kain berkualitas tentunya akan awet dan tahan lama apalagi jika dirawat dengan cara yang benar.

4. Fleksibel atau Tidak Mudah Kusut

Kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika memilih kain ini adalah tidak mudah kusut. Meskipun memang pada dasarnya kecenderungan kain akan berkerut atau kusut akan dipengaruhi oleh beberapa faktor. 

Salah satunya adalah faktor kerumitan dari tenunan yang ada pada sebuah kain. Seperti penjelasan sebelumnya tenunan pada kain ini cenderung kompleks dan rapat. Semakin kompleks tenunan dari pola kain maka kemungkinan kerutannya akan semakin berkurang.

Jadi tidak heran apabila kain jacquard tidak mudah kusut meskipun sudah digunakan untuk berbagai macam aktivitas dalam waktu lama. Bahkan kain ini juga terkenal sebagai salah satu kain yang tidak memerlukan setrika sebelum digunakan ataupun disimpan.

5. Terkesan Mewah dan Elegan

Kelebihan yang kelima dari kain ini adalah terkesan mewah sekaligus elegan. Proses pembuatan dengan cara ditenun menjadikannya memiliki pola timbul serta terlihat sedikit mengkilap daripada jenis kain pada umumnya.

Jacquard sendiri bisa dibuat dengan menggunakan berbagai macam jenis kain. Hanya saja kebanyakan jenis kain jacquard justru sengaja dibuat dengan bahan material yang menonjolkan sisi mewah.

Beberapa diantaranya adalah linen, sutra, satin, dan beberapa campuran bahan kain lainnya. Bahan-bahan tersebut mampu menampilkan sisi berkilau, licin, sekaligus mengkilap. Jadi tidak heran jika akan semakin membuatnya terkesan berkelas pada sebuah pakaian.

Kekurangan Kain Jacquard

Kekurangan dari bahan jacquard, Sumber: amazonaws.com
Kekurangan dari bahan jacquard, Sumber: amazonaws.com

Sama halnya dengan beberapa kain pada umumnya. Selain memiliki karakteristik dan kelebihan yang telah disebutkan di atas, bahan ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut adalah proses perawatan yang cenderung sulit.

Oleh sebab itu agar bahan kain tetap awet dan tahan lama maka Anda harus memahami teknik dan cara perawatan yang benar. Langsung saja di bawah ini ada beberapa cara merawat jenis kain jacquard:

  • Disarankan mencuci kain menggunakan tangan
  • Jika memang ingin menggunakan mesin cuci maka atur pada mode pencucian lembut
  • Tidak disarankan memakai air panas untuk mencuciĀ 
  • Hindari mencampur dengan pakaian lain saat mencuci karena akan menjadikan kain lebih mudah pudar
  • Pakailah sabun atau detergen yang lembut
  • Tidak disarankan menggunakan pelembut pakaian.
  • Hindari memutar bahan jacquard ketika proses pengeringan sebab hal ini justru akan membuat deformasi di bagian tekstur dan polanya
  • Gantung bahan jacquard menggunakan hanger
  • Jika ingin dikeringkan maka gunakan cara menyebar pada bagian permukaan
  • Hindari penggunaan setrika dengan suhu yang terlalu panas karena akan menjadikan pola dan teksturnya jadi rusak
  • Pakai setrika di suhu rendah atau jika memungkinkan pada setrika uap
  • Jangan jemur di bawah sinar matahari langsung karena akan membuat warna bahan jadi pudar
  • Jangan menyikat, merendam terlalu lama, atau menggosok kain
  • Jangan gunakan pemutih atau detergen dengan bahan keras

Itu dia beberapa penjelasan mengenai bahan kain jacquard sebagai salah satu kain berkualitas. Jika Anda membutuhkan jasa sablon kaos Jogja berpengalaman untuk kain lainnya maka bisa menghubungi JKID.

Leave a Comment