7 Jenis Bahan Kain Katun yang Beredar di Pasaran

Bahan kain katun merupakan salah satu yang paling banyak digunakan untuk pembuatan berbagai jenis pakaian. Kain katun dipilih karena sifatnya yang adem dan mampu menyerap keringat sehingga terasa nyaman di kulit.

Kain katun ini tersedia dalam berbagai motif dan warna. Ada kain katun dengan motif polos, motif tie dye, bunga-bunga, hingga pola geometris. Hal itu memungkinkan Anda untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-Jenis Bahan Kain Katun 

Ada berbagai jenis kain katun yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Ada kain katun yang memiliki karakteristik halus, ringan, hingga yang tebal dan tahan lama. Masing-masing karakter biasanya diperuntukkan untuk penggunaan yang berbeda. 

Berikut ini pembahasan lengkap mengenai jenis-jenis kain katun yang banyak digunakan untuk pembuatan berbagai jenis pakaian.

1. Katun Toyobo

Katun toyobo, Sumber: nbrscorp.co.id
Katun toyobo, Sumber: nbrscorp.co.id

Katun toyobo memiliki ciri khas unik dengan tekstur halus dan lembut, yang membuatnya sangat istimewa. Ketika disentuh, bahan ini terasa sedikit lebih tebal dan memiliki kilau yang menarik. 

Keistimewaan lain dari katun toyobo adalah Anda tidak perlu lagi menambahkan furing karena bahan ini sudah cukup tebal. Karakteristiknya yang tebal dan berkilau membuat katun toyobo sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar pakaian pria maupun wanita. 

Selain itu katun toyobo termasuk jenis kain yang jatuh sehingga tampak lebih rapi dan elegan. Bahan kain katun toyobo biasanya digunakan untuk pembuatan gamis, kemeja, blus, hingga pashmina. 

2. Katun Supernova

Katun supernova sedikit berbeda dengan jenis katun lainnya. Sifat kain katun supernova ini sangatlah lembut, halus, dan ringan. Oleh karena itu katun supernova sangat nyaman jika digunakan untuk membuat pakaian.

Jika Anda memperhatikan dengan seksama, katun supernova memiliki serat kain yang halus dengan tampilan khas. Seratnya menyerupai gerimis hujan, sehingga terkesan unik dan estetis. Kain supernova biasanya digunakan untuk membuat untuk berbagai jenis pakaian formal.

Contohnya adalah untuk pembuatan gamis perempuan, hijab, dan baju koko. Kekurangan dari katun supernova adalah cepat kusut dan terawang. Namun kain ini juga tersedia dalam beberapa tingkat ketebalan.

3. Katun Paris

Katun paris, Sumber: lazada.co.id
Katun paris, Sumber: lazada.co.id

Kain katun paris dikenal karena teksturnya yang halus, lembut, dan permukaan yang mengkilap. Meskipun tipis, katun paris memiliki serat yang cukup kuat dan memiliki daya serap tinggi sehingga  nyaman di kulit.

Dalam industri fashion, katun paris sering digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan batik. Penggunaan kain ini memberikan hasil batik yang cantik dan mengkilap. Selain untuk batik, kain katun paris juga sering digunakan untuk membuat blus dan kerudung.

Keunggulan lain dari kain katun paris adalah tidak menimbulkan alergi. Jadi katun paris  cocok digunakan oleh semua pemilik jenis kulit, mulai dari kulit normal hingga kulit sensitif. Hal ini juga yang membuat katun paris banyak dipilih sebagai bahan pembuatan hijab. 

4. Katun Oxford

Bahan kain katun oxford memiliki karakteristik unik karena dibuat dari penyilangan dua benang sekaligus. Hasil penyilangannya membentuk titik-titik yang menyerupai pixel dalam resolusi gambar. 

Katun oxford teksturnya rata dan sangat lembut jika diraba dengan tangan. Kain katun oxford biasanya digunakan untuk pembuatan baju seragam sekolah untuk anak-anak, baju seragam kerja, blus, kemeja casual, dan gamis.

Dengan banyaknya pilihan model pakaian yang dapat dibuat dari kain katun oxford, Anda bisa dengan mudah menyesuaikan gaya busana dengan kebutuhan dan preferensi pribadi. Tentu saja kain ini juga sangat cocok membuat pakaian sehari-hari karena nyaman di kulit.

5. Katun Mesir

Bahan kain katun mesir, Sumber: alicdn.com
Bahan kain katun mesir, Sumber: alicdn.com

Kain katun mesir terbuat dari kapas stapel yang memiliki serat lebih panjang dibanding kapas biasa. Hal ini membuat katun mesir memiliki karakteristik yang jauh lebih lembut dibanding katun jenis lain.

Karakteristik tersebut didapat karena pohon kapas yang digunakan untuk pembuatan kain ditanam di daerah panas, yaitu lembah Sungai Nil. Tempat tersebut menjadi lokasi yang ideal bagi pertumbuhan kapas berkualitas tinggi.

Pohon kapas yang ditanam di tempat beriklim ekstrim mampu menghasilkan serat kapas yang lebih kuat dan halus. Karena kelebihan ini, banyak produk katun mesir tiruan beredar di pasaran. Oleh karena itu sebagai konsumen Anda harus hati-hati dalam mencari yang asli.

6. Katun Sutra

Katun sutra berbeda dengan kain sutra yang terbuat dari kain yang dihasilkan oleh ulat sutra. Katun sutra adalah gabungan antara bahan kain sutra dan kain katun. Hal itu membuat katun sutra memiliki tekstur yang licin, lembut, dan kuat.

Keistimewaan katun sutra terletak pada kemampuannya untuk memberikan rasa dingin dan kenyamanan saat digunakan. Meskipun memiliki sifat licin karena mirip dengan kain sutra, namun karena dibuat dengan campuran bahan katun maka kain ini tetap adem saat dikenakan. 

Terutama saat cuaca sedang panas. Karena terbuat dari kombinasi kain sutra dan katun, maka katun sutra sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin tampil elegan tanpa harus mengorbankan kenyamanan. 

7. Katun Rayon

Katun rayon, Sumber: susercontent.com
Katun rayon, Sumber: susercontent.com

Bahan kain katun rayon adalah jenis kain yang terbuat dari serat selulosa alami, biasanya berasal dari kayu atau kapas. Meskipun namanya mengandung kata “katun”, namun kain rayon memiliki tekstur dan karakteristik yang berbeda dengan katun pada umumnya. 

Rayon cenderung lebih lembut, ringan, dan memiliki kilau yang halus. Katun rayon sering digunakan dalam pembuatan pakaian seperti baju, rok, dan gaun. Katun rayon memiliki kemampuan menyerap air dengan baik

Namun sayangnya kain katun rayon cenderung lebih mudah kusut dan memerlukan perawatan khusus saat mencucinya. Supaya serat kain tetap bagus sebaiknya hindari mencuci pakaian yang terbuat dari katun rayon ke dalam mesin cuci. 

Itulah jenis-jenis bahan kain katun yang bisa dengan mudah Anda jumpai di pasaran. Selain untuk pembuatan gamis, blus, rok, atau baju koko, kain katun juga sangat cocok untuk membuat kaos harian.

Di JKID Anda bisa memesan kaos katun dengan desain sendiri atau custom. Sebagai jasa sablon kaos Jogja, kami melayani pemesanan kaos sablon untuk kebutuhan sendiri atau untuk dijual lagi. Segera hubungi kami melalui kontak yang tersedia untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment