Mengenal Spesifikasi Kain Bahan Polyester yang Sering Dijadikan untuk Membuat Kaos

Kita semua sepakat jika kain bahan polyester merupakan salah satu jenis kain yang cukup familiar di telinga. Polyester merupakan pilihan cukup populer karena keunggulan dan kegunaannya yang luas dalam berbagai sektor industri.

Namun sudahkah Anda mengetahui apa itu bahan polyester, kelebihan, serta kekurangannya? Agar lebih mengenal tentang polyester berikut detail informasi seputar pengertian, karakteristik, kelebihan, dan kekurangan dari bahan polyester yang sering digunakan untuk membuat kaos. 

Mengenal Apa Itu Kain Bahan Polyester

Mengenal kain polyester, Sumber: buttonscarves.com
Mengenal kain polyester, Sumber: buttonscarves.com

Polyester adalah serat sintetis yang dibuat melalui proses polimerisasi polietilen glikol dengan asam tereftalat. Bahan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1941 dan sejak saat itu telah menjadi salah satu bahan yang paling umum digunakan dalam industri tekstil.

Polyester memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya populer dalam pembuatan pakaian dan produk tekstil lainnya. Dalam industri tekstil, polyester banyak digunakan untuk pembuatan pakaian, seperti kaos, celana, jaket, dan pakaian olahraga. 

Selain itu, bahan ini juga digunakan dalam pembuatan kain furniture, karpet, tas, dan berbagai produk tekstil lainnya. Kelebihan dan kekurangan polyester perlu dipertimbangkan ketika memilihnya sebagai bahan untuk pakaian atau produk tekstil lainnya.

Apa Kelebihan Bahan Polyester?

Kelebihan dari kain polyester, Sumber; clearprintmalta.com
Kelebihan dari kain polyester, Sumber; clearprintmalta.com

Seperti halnya bahan kain pada umumnya, bahan polyester pun memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya dijadikan sebagai pilihan. Apabila Anda ingin menggunakan sebagai bahan utama tekstil, berikut beberapa kelebihan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan:

1. Awet dan Tahan Lama

Kaos bahan polyester termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang awet dan tahan lama. Kelebihan ini membuat polyester tahan terhadap berbagai jenis bahan kimia. Inilah yang menjadi alasan mengapa polyester sering digunakan sebagai bahan campuran untuk berbagai kebutuhan. 

Pada sisi lain, serat polyester juga memiliki sifat elastisitas yang baik. Jadi bahan polyester dapat mengembang dan kembali ke bentuk semula setelah ditarik atau ditekan. Kekuatan ini menjadikan polyester tahan terhadap kerusakan dan deformasi.

2. Tidak Mudah Kusut

Polyester terbuat dari serat sintetis yang terbuat dari polimer. Yaitu senyawa kimia yang terdiri dari banyak molekul kecil dan disebut sebagai monomer. Itulah yang menjadikannya sebagai salah satu bahan kain dengan ketahanannya terhadap kerutan. Atau dengan kata lain, bahan kain ini memiliki kelebihan tidak mudah kusut.

Bahan ini memiliki sifat yang kurang menyerap air. Sehingga lebih tahan terhadap kerutan dan tidak mudah kusut. Hal ini membuat kaos yang terbuat dari polyester tetap terlihat rapi dan terawat bahkan setelah sering digunakan dan dicuci.

3. Mudah Dicuci dan Cepat Kering

Bahan polyester mudah untuk dirawat dan mudah juga dicuci. Kaos yang terbuat dari bahan kain polyester dapat dicuci dengan mudah. Baik menggunakan mesin cuci maupun menggunakan tangan. Di samping mudah dicuci, polyester juga merupakan kain yang cepat kering.

Hal ini disebabkan karena bahan polyester memiliki daya serap air yang rendah. Secara tidak langsung hal tersebut dalam membuat kaos polyester menjadi pilihan yang praktis dan efisien dalam hal perawatan dan kebersihan.

4. Keawetan Warna

Selian beberapa hal di atas, polyester juga termasuk salah satu jenis bahan yang memiliki daya tahan baik terhadap penuaan dan perubahan warna. Bahan ini tahan terhadap sinar UV, sehingga warna kaos yang terbuat dari polyester tidak mudah pudar. Bukan hanya itu saja, bahan polyester juga tahan terhadap noda dan pewarnaan.

Jadi kaos berbahan polyester akan tetap terlihat segar dan memiliki warna yang cerah bahkan setelah digunakan dan dicuci beberapa kali. 

Apa Saja Kekurangan Bahan Polyester?

Kekurangan bahan polyester, Sumber: shirtspace.com
Kekurangan bahan polyester, Sumber: shirtspace.com

Polyester adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kaos. Namun, seperti halnya bahan lainnya, polyester juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Ini dia beberapa kekurangan bahan polyester untuk kaos.

1. Kurangnya Serapan Keringat

Kekurangan utama bahan polyester adalah kurangnya kemampuan untuk menyerap keringat. Polyester cenderung mempertahankan kelembaban di permukaan, sehingga membuat pemakainya merasa tidak nyaman saat beraktivitas fisik atau dalam cuaca panas.

2. Tidak Ramah Lingkungan

Polyester adalah kain sintetis yang diproduksi menggunakan bahan kimia berbasis minyak bumi. Proses produksi polyester menghasilkan emisi gas rumah kaca dan menghasilkan limbah yang sulit terurai. Selain itu, saat mencuci kaos polyester serat-serat mikroplastik dapat terlepas dan mencemari lingkungan air.

3. Menyerap Bau

Polyester memiliki sifat yang tidak bernapas, artinya udara sulit untuk melewati serat-seratnya. Hal ini dapat menyebabkan keringat dan bau badan tertahan di dalam kaos. Secara tidak langsung hal ini dapat mengurangi kenyamanan pemakai.

4. Tidak Tahan Terhadap Panas

Polyester memiliki titik leleh yang relatif rendah sehingga rentan terhadap kerusakan oleh panas tinggi. Jika kaos polyester terkena panas yang berlebihan, seperti setrika yang terlalu panas atau mesin pengering, serat-seratnya dapat meleleh dan mengkerut.

Dapatkan Kaos Sablon Terbaik Hanya di JKID

Buat kaos promosi di JKID, Sumber: jogjakonveksi.id
Buat kaos sablon di JKID, Sumber: jogjakonveksi.id

Meskipun terdapat beberapa kekurangan, kain bahan polyester juga memiliki kelebihan yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan. Polyester memiliki kekuatan tinggi, tahan lama, dan tidak mudah kusut. Selain itu, bahan ini juga memiliki ketahanan terhadap noda dan warna yang tahan lama.

Dalam pemilihan bahan kaos, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi. Jika kenyamanan dan sifat ramah lingkungan menjadi prioritas. Pemilihan bahan alternatif seperti katun organik atau bambu dapat menjadi pilihan yang lebih baik. 

Namun, jika kekuatan dan daya tahan menjadi pertimbangan utama, kaos polyester masih menjadi pilihan yang populer. Apapun jenis kain yang Anda pilih JKID merupakan solusi terbaik untuk mendapatkan sablon kaos Jogja berkualitas sesuai dengan preferensi.

Leave a Comment