Tips Membuat Seragam Angkatan Untuk Para Mahasiswa Baru

//

Siapa disini yang baru masuk dunia perkuliahan? dalam dunia perkuliahan sangat berbeda dengan SMA, dunia perkuliahan sangat lah kompleks. Salah satunya adanya nama dan seragam angkatan. Selain untuk eksistensi adanya seragam angkatan, yakni sebagai identitas yang membedakan dari setiap angkatan di jurusan kampus.

Nah, untuk Anda para mahasiswa baru yang masih bingung bagaimana membuat seragam angkatan, simak informasi selengkapnya.

Tips Membuat Seragam Angkatan Untuk Para Mahasiswa Baru

Untuk Anda para mahasiswa baru, penting sekali untuk Anda memahami beberapa informasi sebelum Anda memutuskan untuk membuat seragam angkatan. Nah, apa aja sih yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat seragam angkatan ? berikut ini ada beberapa tips dari Kami terkait bagaimana membuat seragam angkatan.

1. Logo Angkatan 

Tips yang pertama dalam membuat seragam angkatan adalah adanya logo. Logo bisa dikatak sebagai identitas. Selain itu, logo memiliki fungsi dalam menciptakan, serta  menyampaikan citra atau filosofi di balik logo tersebut. Yang pada akhirnya bisa memberi kesan dan kepercayaan kepada publik.

Menurut Maria Regina College dalam buku Teknik Membuka Bisnis Desain Arsitektur (2009), logo dibagi menjadi tiga bagian, yang pertama jenis logo logogram, logo yang terbuat dari simbol atau bentuk tertentu yang menunjukkan nama serta citra perusahaan atau barang dan jasa yang ditawarkan.

Kedua jenis logo logotype, logo yang terdiri dari susunan huruf dan jenis huruf yang disesuaikan dengan citra organisasi atau jasa yang ditawarkan. Huruf ini dapat pula berupa inisial atau ejaan lengkap. Yang ketiga penggabungan dari kedua jenis logo, yakni logogram dan logotype.

Logo angkatan luar angkasa Amerika Serikat mirip seperti logo di film start trek. Sumber ; google.com
Logo angkatan luar angkasa Amerika Serikat mirip seperti logo di film start trek. Sumber ; google.com

2. Model Seragam Angkatan 

Ada berbagai pilihan model untuk membuat seragam angkatan, ada dapat membuat seragam angkatan dengan model jaket, hoodie, parka, sweater, dan lain sebagainya. Ini tergantung pada selera masing-masing. Untuk Anda yang sedang kuliah di kampus Dirgantara, Kami merekomendasikan jaket bomber, model jaket yang satu ini cocok untuk jurusan penebangan, agar tampak seperti jaket para TNI Angkatan udara.

Contoh jaket bomber di film Top Gun dapat menjadi referensi seragam angkatan Anda. sumber ; google.com
Contoh jaket bomber di film Top Gun dapat menjadi referensi seragam angkatan Anda. sumber ; google.com

3. Bahan Seragam Angkatan 

Jika Anda cocok dengan model Seragam Angkatan dengan model bomber, maka Anda dapat memilih jenis kain yang sesuai dengan jaket bomber. Kami rekomendasikan kain taslan, kain jenis ini merupakan  kain yang mempunyai karakteristik seperti parasut, tapi teksturnya terkesan lembut, lebih tebal ringan, dan juga kuat. 

Dengan karakteristik yang sedemikian unik, jaket bomber dari bahan kain taslan sangat cocok menjadi pakaian musim panas. Terlebih jika Anda mengambil jurusan yang langsung terpapar sinar matahari. Selain kain jenis taslan ada juga kain jenis parasut, kain yang satu ini sejenis polyester yang berasal dari serat sintetis atau bisa juga buatan dari hasil pengolahan minyak bumi yang diproses menjadi serat fiber poly. kain parasut merupakan salah satu jenis kain yang memiliki karakteristik tipis dan ringan.

Contoh jaket bomber di film Top Gun dapat menjadi referensi seragam angkatan Anda. sumber ; google.com
Contoh jaket bomber di film Top Gun dapat menjadi referensi seragam angkatan Anda. sumber ; google.com

Jaket bomber dari bahan parasut pada umumnya tahan angin. Hal ini yang membuat jaket bomber dengan bahan parasut sangat unggul dari segi bahannya. Selain tahan angin, jaket yang dilengkapi fitur waterproof dapat melindungi pemakainya dari hujan. Dengan karakteristik yang menolak air jaket, parasut dapat digunakan sebagai alat perlindungan tubuh pada saat hujan.

4. Memilih Konveksi

Memilih konveksi rumahan dapat menjadi pekerjaan yang sulit-sulit gampang. Banyaknya jasa konveksi memang dapat memperbanyak referensi, akan tetapi banyaknya jasa konveksi memiliki tantangan tersendiri. Karena itu, penting untuk Anda lebih cermat pada saat memilih jasa konveksi seragam agar tidak kecewa nantinya.

Tidak semua konsumen jasa konveksi mempunyai desain yang matang saat akan membuat seragam bagi para anggotanya. Bahkan tak jarang, konsumen tidak punya gambaran tentang seragam seperti apa yang akan digunakan. Boleh jadi, dalam beberapa kasus, pihak konveksi tidak menyediakan layanan kustomisasi desain sama sekali.

Maka dari itu, pilihlah penyedia layanan konveksi seragam yang memberi fasilitas custom desain Anda bisa membuat rancangan seragam yang pas sesuai yang diharapkanā€”mulai dari warna dasar seragam, logo, maupun identitas lainnya yang perlu dibubuhkan di permukaan seragam.

Pilihlah konveksi yang memiliki fasilitas custom. Sumber ; google.com
Pilihlah konveksi yang memiliki fasilitas custom. Sumber ; google.com

Harga juga menjadi poin penting yang tak boleh luput dari pertimbanganmu. Pembuatan seragam biasanya langsung dilakukan untuk beberapa pcs sekaligus sehingga biaya yang Anda keluarkan pun tidaklah sedikit.

Kendati begitu, penawaran harga juga harus kamu sesuaikan dengan fasilitas dan nilai lain yang diberikan oleh pihak jasa konveksi seragam. Di samping kualitas produk, kamu bisa mempertimbangkan beberapa value tambahan lainnya sesuai kebutuhan. Yang tidak kalah pentingnya, pilihlah konveksi yang memiliki reputasi yang baik, ini bisa Anda dapatkan dari rekomendasi teman, keluarga, dan lainnya.

Leave a Comment