Punya Jaket Kulit? Tips Merawat Jaket Kulit Biar Awet

Jaket kulit adalah salah satu jenis jaket yang sangat digemari. Jaket kulit ditemukan oleh seorang desainer asal Perancis.  Pada awalnya jaket ini diperuntukan bagi pilot pesawat tempur karena bahannya yang dapat melindungi tubuh dari dingin. Hingga di era modern ini jaket kulit cukup dikenal sebagai pakaian sehari-hari. Tidak hanya jaket yang terbuat dari bahan kulit, namun saat ini telah tersedia paket seminar kit yang berasal dari bahan kulit.

Penggunaan jaket kulit tidak tergolong usia dan juga jenis kelamin, hampir setiap orang suka untuk memakainya. Memiliki jaket kulit berarti juga harus melakukan perawatan yang khusus. Bahannya yang terbuat dari kulit asli membuat pemakaiannya tidak boleh sembarangan. Hal ini agar jaket yang dimiliki tidak mudah rusak dan berjamur. Apakah anda juga merupakan pemilik dari jaket kulit? Apabila iya, berikut ini kami berikan tips-tips merawat jaket kulit untuk anda.

1. Menyimpannya Dengan Cara Digantung

Memiliki jaket kulit yang keren adalah dambaan bagi setiap orang dan merupakan model jaket pria yang masih trend sampai saat ini. Maka saat memiliki jaket dengan bahan kulit, kita diharuskan merawatnya dengan hati-hati agar tidak rusak. Termasuk pada cara menyimpannya. Simpanlah jaket kulit dengan cara menggantungnya. Bahan kulit akan mudah sekali membekas suatu lipatan apabila kita menyimpannya dengan cara dilipat. Oleh karena itu, untuk menghindari bekas lipatan pada jaket kulit kita harus menyimpannya dengan cara digantung.

Jaket kulit merupakan jaket yang memiliki bahan yang fleksibel. Bentuk dari jaket akan menyesuaikan bagaimana kita memperlakukannya. Dalam menggantung jaket pun tidak boleh sembarangan. Gantungan atau hanger yang dipakai haruslah yang sesuai dengan bentuk jaket. Apabila tidak sesuai, maka bentuk jaket akan menjadi aneh dan terdapat benjolan di sisi bahunya.

2. Jangan Menyimpan Di Tempat Yang Lembab

Setelah menyimpannya dengan cara digantung, pastikan tempat untuk menyimpan jaket tersebut bukan pada tempat yang lembab. Tempat lembab akan memudahkan jamur untuk tumbuh. Apalagi bahan kulit sangat mudah ditumbuhi jamur. Anda dapat memanfaatkan tempat yang memang terbuat khusus untuk menyimpan jaket berbahan kulit. Namun apabila terpaksa menyimpan jaket kulit di dalam lemari, pastikan lemari merupakan lemari  yang memiliki ventilasi udara. Dengan adanya ventilasi udara pada lemari, maka ruangan di dalamnya tidak akan terlalu lembab.

3.  Hindari Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

Mesin cuci adalah sebuah mesin yang diciptakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan pencucian pakaian. Namun untuk pakaian yang berbahan kulit, anda perlu menghindari mencucinya menggunakan mesin ini. Mencuci pakaian dengan mesin cuci dapat memperbesar resiko jaket tersebut rusak. Hal ini karena jenis jaket yang memang terbuat dari kulit asli. Hal ini juga berlaku ketika merawat celana jens agar tetap awet.

Sebagai solusinya, Anda dapat melakukan pencucian jaket kulit menggunakan tangan atau secara manual. Dengan demikian anda akan lebih leluasa dalam memperkirakan besarnya kucekan yang harus dilakukan sehingga resiko jaket rusak akan lebih kecil.

4.  Hindari Penggunaan Deterjen

Dalam mencuci jaket kulit sering kali membuat jaket tersebut berubah tekstur. Hal ini bisa saja terjadi karena penggunaan deterjen. Bahan kimia deterjen akan membuat bahan kulit menjadi berubah teksturnya kalau sering digunakan dalam waktu lama. Deterjen boleh digunakan tetapi jangan keseringan, digunakan ketika ada noda yang sulit dibersihkan.

Maka untuk mencuci jaket kulit disarankan untuk anda untuk menggunakan sabun khusus untuk bahan kulit. Menggunakan sabun jenis tersebut akan membuat tekstur bahan tidak berubah. Bisa juga menggunakan lap atau kain basah kemudian digosok dibeberapa bagian jaket yang kotor atau kusam.

Baca Juga: Tips Packing (kemasan) Pakaian Agar Aman Saat Dikirim

5.  Memanfaatkan Pelembut Pakaian

Saat selesai mencuci jaket kulit biasanya jaket akan menjadi keras atau kaku. Hal ini biasa terjadi karena memang sifat struktur kulit apabila terkena air dan sabun. Dengan kerasnya jaket maka dapat menyebabkan patahan di berbagai tempat. Tentunya hal ini akan membuat jaket anda tidak terlihat keren lagi. Untuk menghindari permasalahan tersebut, anda dapat menggunakan pelembut saat mencuci jaket kulit yang anda punya. Pelembut akan membuat kain menjadi lembut dan tidak kaku saat pakaian kering.

6.  Hindari Paparan Sinar Matahari

Setelah selesai mencuci, hal selanjutnya yang menjadi perhatian adalah cara menjemur jaket kulit tersebut. untuk menjemurnya, hindari menjemur jaket kulit di tempat yang langsung terkena paparan sinar matahari. Penjemuran dengan panas matahari secara langsung dapat menyebabkan warna dari jaket akan berubah atau melepuh. Tentunya hal ini sangat disayangkan apabila terjadi. Dalam menjemur jaket kulit yang telah dicuci cukup dengan menggantungnya di tempat terbuka dan tidak terlalu panas. Anda hanya cukup mengangin-anginkan jaket kulit anda. Dengan begini maka kualitas jaket pun akan tetap terjaga.

7.  Jangan Gunakan Pengering

Mungkin bagi beberapa orang menggunakan pengering adalah solusi untuk pakaian yang basah setelah dicuci. Namun penggunaan pengering pada jaket kulit harusnya dihindari. Pengering dapat menyebabkan minyak alami pada jaket kulit ketika menguap, sehingga kain dari jaket pun akan menyusut. Kalau sudah seperti ini maka akan sulit untuk ditanggulangi,

8.  Menghilangkan Jamur

Jaket yang disimpan terlalu lama akan berpotensi tumbuh jamur di sekitarnya. Namun tenang, apabila hal ini terjadi anda dapat menghilangkan jamur tersebut dengan bahan-bahan yang sederhana. Jamur biasanya muncul dengan warna putih atau kuning dan juga berbulu halus.

Untuk menghilangkan jamur ini anda dapat menggunakan kain bersih yang direndam pada larutan cuka yang kuat, setelah itu anda dapat menggosokkannya pada bagian yang berjamur. Setelah melakukan penggosokan biarkan jaket mengering dengan cara diangin-anginkan. Dalam melakukan pembersihan ini, anda diharuskan memakai masker dan juga sarung tangan untuk menghindari masalah gangguan kesehatan.

9.  Menyemir Jaket Kulit

Tahukah anda, ternyata kita bisa melakukan penyemiran pada jaket kulit, lho. Perlakuan ini mirip saat kita melakukan penyemiran pada sepatu kulit. Banyak orang yang menggunakan semir sepatu untuk menyemir jaket kulit mereka. Namun hal ini merupakan sebuah kesalahan. Bahan semir sepatu tentunya akan merusak jaket kulit karena memang tidak cocok. Pastikan anda menggunakan balsam spesial khusus untuk menyemir jaket kulit untuk mengembalikan kilauan dari jaket anda.

Itulah beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk merawat jaket anda agar tetap awet. Semoga dengan adanya uraian di atas dapat membantu menjaga jaket anda agar tetap terlihat keren.

Leave a Comment