Tips Memilih Pakaian Anak Yang Berkualitas

Kebutuhan untuk buah hati memang tidak boleh sembarangan ya, anda harus benar-benar memprioritaskan yang terbaik untuk malaikat kecil anda. Dalam hal berbusana pun tidak boleh asal dan sembarangan, alangkah lebih baiknya anda mengikuti tips memilih pakaian anak yang tepat agar nyaman dipakai anak anda.

Saat ini banyak sekali model-model pakaian anak yang lucu dan modis-modis. Apalagi anda yang aktif menggunakan sosial media seperti instagram, tidak jarang anda menjumpai foto anak-anak yang memakai pakaian yang lucu dan kekinian. Apalagi pakaian couple antara anak dan orangtua yang digunakannya untuk pergi ke acara-acara formal atau hanya sekedar jalan-jalan udah bikin tampilan makin cakep.

Seiring perkembangan zaman berbagai pilihan gaya berbusana dari ujung kepala hingga kaki pun kini sudah makin banyak dan mudah kita jumpai, tidak hanya pakaian orang dewasa saja tapi pakaian anak-anak pun sudah banyak pilihan pakaian yang modis dan lucu dikenakan buah hati anda. Apalagi sekarang tersedia berbagai marketplace untuk membeli secara online, jadi tidak perlu capek-capek datang ke toko dan memilihnya yang tentu saja membutuhkan waktu yang lama.

Tips memilih pakaian anak, Sumber : bidanku.com
Tips memilih pakaian anak, Sumber : bidanku.com

Tips Memilih Pakaian Untuk Anak

Ada beberapa tips di bawah ini sebagai informasi untuk anda dalam hal memilih pakaian buah hati anda yang tepat dan sesuai agar anak anda merasa nyaman saat memakai pakaian sehari-hari atau untuk menghadari ke acara-acara tertentu.

1. Pilihlah Bahan Yang Lembut

Pentingnya memilih bahan yang lembut pada pakaian anak menjadi yang utama. Kulit anak terutama yang masih balita cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif ketimbang kulit orang dewasa. Saat salah memilih pakaian dengan bahan yang kasar, bahan tersebut akan menggesek kulit anak. Biasanya akan timbul kemerahan, bahkan yang dikhawatirkan adalah timbulnya iritasi karena bahan yang kasar tersebut.

Jika anda memilih bahan yang halus, saat pakaian tersebut mengenai kulit akan terasa nyaman dan tidak akan timbul warna kemerahan bahkan sampai iritasi kulit. Anak akan nyaman saat menggunakan bahan yang lembut, karena kita tahu anak-anak suka bermain yang memerlukan gerak ekstra jadi anda tidak perlu khawatir kulit akan lecet. Biasanya bahan yang cocok digunakan adalah jenis kain katun, yang memiliki sifat lembut.

2. Pilih Ukuran Yang Sesuai

Sering terjadi kebanyakan dari orang hanya melihat ukuran dari umur yang disarankan, padahal kenyataannya setiap anak di umur yang sama belum tentu memiliki badan yang sama pula. Mulai dari tinggi badan hingga berat badan anak diusia yang sama akan berbeda. Jadi alangkah lebih baiknya anda mengukur dahulu menurut badan anak anda.

Baca juga : Tips Memilih Ukuran Kaos Dewasa

Sesuaikan dengan lingkar badannya, dan pilihlah pakaian yang agak longgar agar tidak menghambat gerak dan aktivitas. Ketika salah memilih ukuran akhirnya akan berdampak dengan kenyaman si anak juga. Anak akan terhambat geraknya karena pakaian yang terlalu sempit dan membuat ruang geraknya tidak bebas.

3. Pilihlah Model Yang Tepat

Saat memilih model pakaian pun anda harus memperhatikan jenis baju untuk apa, misalnya baju untuk digunakan sehari-hari di rumah pilihlah yang simpel dan nyaman. Karena biasanya anak-anak akan aktif-aktif nya ketika bermain di rumah maupun di luar rumah bersama teman-teman kompleksnya. Kemudian juga bedakan baju dirumah dengan baju untuk dibuat pergi jalan-jalan atau pergi ke acara-acara formal.

Baju formal couple anak dan ayah, Sumber : brilio.net
Baju formal couple anak dan ayah, Sumber : brilio.net

4. Pemilihan Warna dan Corak

Pemilihan warna dan corak untuk anak laki-laki dengan perempuan tentu saja memiliki perbedaan. Pilihkan warna pastel yang soft untuk anak perempuan anda serta corak atau motif yang digunakan seperti bunga-bunga atau gambar kartun yang disenangi anak anda. Untuk laki-laki pilihkan lah warna-warna yang cerah dan motif atau corak yang yang simpel lebih cocok seperti kotak-kotak, bola, atau kartun yang mereka senangi.

Baca juga : Harga Pembuatan Produk Konveksi Jogja

Tentunya anda juga menanyakan mengenai kesukaan anak anda terhadap kartun apa yang sedang mereka senangi, lalu anda bisa membelikan baju sesuai dengan kartun kesukaannya. Itu dapat menambah kesenangan tersendiri bagi anak menggunakan pakaian tersebut.

5. Pilihlah Pakaian Menurut Cuaca

Maksudnya adalah belilah pakaian untuk anak anda yang siap menghadapi berbagai musim, misalnya saat musim panas atau kemarau anda memiliki pakaian yang tipis dan menyerap keringat dengan baik. Karena saat musim panas tiba suhu udara pun naik akibatnya akan terasa panas apalagi anak-anak memiliki aktivitas bermain yang tinggi, jadi memiliki pakaian khusus untuk musim panas itu perlu.

Kemudian siapkan pula pakaian yang digunakan untuk musim dingin atau penghujan, musim ini memiliki suhu udara rendah yang menyebabkan udaranya menjadi dingin. Maka jaket yang tebal pun cocok untuk menjadi penghangat anak anda di cuaca ini. Siapkan pula pakaian lengan panjang yang hangat, agar anak-anak merasa nyaman akan udara dingin tersebut. Tidak lupa atribut seperti sarung tangan sarung kaki tidak boleh ketinggalan.

Jaket anak, Sumber : Pinterest
Jaket anak, Sumber : Pinterest

6. Cucilah Dengan Benar

Nah ada tahapan untuk setiap pakaian baru anak harus dicuci terlebih dahulu, untuk menghindari kotoran maupun bakteri yang masih tertinggal di pakaian anak anda agar tidak menimbulkan alergi maupun iritasi pada kulit. Saat mencuci pisahkan lah pakaian anda dengan pakaian anak-anak, jangan mencampurnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kulit anak-anak lebih sensitif maka memisahkan pakaian anda dengan anak anda menjadi salah satu cara untuk meminimalisirnya.

Cucilah pakaian tersebut sesuai panduan yang terdapat pada labelnya agar tidak mudah rusak. Pilih juga deterjen yang berkualitas agar kotoran, bakteri yang menempel pada baju anak akan hilang. Jemurlah juga baju anak dengan benar, jangan menjemur dibawah sinar matahari terlalu lama karena akan merusak baju tersebut, jemurlah pakaian tersebut hingga cukup kering.

Anda dapat membeli pakaian anak yang sudah tersedia di toko, atau dapat memesannya secara custom sesuai dengan desain yang anda inginkan. Tetapi yang terpenting kenyamanan dalam pemakaiannya adalah hal yang paling utama untuk anda perhatikan. Semoga info di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment