Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Baju Chef Modern Berkualitas

Sejak reality show di Televisi menampilkan beberapa chef yang good looking, tak dapat dipungkiri bahwa profesi chef saat ini semakin digemari oleh milenial. Tentu saja, selain skill yang dimiliki para chef, sisipan komedi dan drama menjadi layaknya bumbu penyedap sehingga reality show tersebut justru melejit dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan agar terlihat lebih profesional, penampilannya didukung dengan baju chef modern.

Jenis dan kriteria baju tersebut tentunya bisa dengan mudah dipilih berdasarkan kebutuhan maupun selera. Mulai dari ukuran, bentuk  warna dan lainnya bisa dengan mudah disesuaikan dengan diri Anda sendiri. Dengan begitu tidak hanya makanan saja yang enak, namun penampilan juga semakin terlihat maksimal. Jika Anda masih bingung, maka tidak perlu merasa khawatir sebab ada banyak tips untuk memilih baju chef terbaik.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Baju Chef Modern

Saat ini banyak sekali toko yang menyediakan baju chef dengan berbagai model dan warna. Jika dahulu warna baju chef identik dengan putih, maka seiring waktu semakin banyak baju chef beraneka pilihan. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan baju terbaik.

1. Bahan

Perhatikan dengan seksama bahan yang digunakan pada baju chef anda. Ada  berbagai macam bahan yang dipakai dengan karakteristiknya masing-masing. Pastikan untuk memilih bahan yang bisa melindungi tubuh dari panas dan menyerap keringat.

2. Model 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Baju Chef Modern Berkualitas
Ilustrasi macam-macam model baju chef modern. Sumber : Istockphoto.com

Poin yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah model baju chef. Pilih baju chef modern yang didesain bolak-balik agar ketika sisi luar terkena noda makanan, baju masih bisa digunakan dengan membalik ke sisi dalamnya.

Untuk panjang atau pendeknya lengan, tidak ada keharusan untuk memilih salah satunya, meskipun lengan panjang cenderung direkomendasikan. Lengan panjang bisa melindungi chef dari potensi terkena panas atau luka bakar.

3. Ukuran

Sesuaikan ukuran baju dengan bentuk tubuh chef yang akan memakainya. Pastikan baju yang anda pilih tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat agar nyaman ketika digunakan.

4. Warna

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Baju Chef Modern Berkualitas
Warna baju chef modern paling umum. Sumber : Istockphoto.com

Setiap warna mempunyai karakteristiknya masing-masing. Jika anda ingin tampilan yang berbeda, bisa menggunakan warna selain putih, dengan catatan, anda harus benar-benar jeli memilih bahan baju agar baju dengan warna pilihan anda tetap nyaman dipakai.

Hanya saja warna putih lebih direkomendasikan karena tidak menyerap panas dan melambangkan kebersihan.

Alasan Harus Memakai Baju Chef Modern Ketika Memasak

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih baju chef. Maka sebaiknya ketahui juga alasan tertentu mengapa baju chef perlu digunakan ketika sedang memasak. Berikut beberapa di antaranya:

1. Keamanan

Sebelum akhirnya tersaji makanan lezat, meja dapur terlebih dahulu menghadirkan tantangan bagi seorang chef saat mengolah bahan makanan. Suhu panas kompor, oven, cipratan minyak, dan tantangan lainnya akan dihadapi oleh semua chef pada saat bekerja. Menurut jasa kitchen set Jogja terpercaya, selain kitchen set yang mendukung, perlu kelengkapan lain yang perlu dipenuhi oleh sang chef.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Baju Chef Modern Berkualitas
Pakaian yang lengkap untuk keselamatan chef ketika bekerja di dapur. Sumber : Istockphoto.com

Oleh sebab itu, mereka harus menggunakan seragam chef terbaik, beserta atributnya, agar bisa melindungi diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apa saja atribut seragam chef untuk keamanan saat memasak? Berikut jawabannya.

  • Celemek

Celemek atau apron berfungsi untuk melindungi chef dari cipratan minyak panas, tumpahan di dapur, atau kotoran bumbu-bumbu. Selain itu, apron juga bisa digunakan sebagai lap kotoran yang menempel pada piring.

  • Jaket 

Biasa disebut sebagai Double breasted jacket, baju berlapis ini berguna untuk melindungi chef dari tumpahan minyak panas atau sengatan panas dari alat memasak. 

  • Celana Chef

Celana panjang khusus yang terbuat dari bahan tebal ini berfungsi untuk melindungi kaki dari minyak panas dan risiko yang mungkin ditemui saat proses memasak. 

  • Safety Shoes

Sepatu yang terbuat dari bahan karet tebal ini berguna untuk melindungi kaki dari terkena benda dengan suhu panas dan agar tidak mudah terpeleset.

2. Kebersihan 

Kebersihan merupakan point penting yang wajib dicermati oleh setiap orang, tak terkecuali oleh seorang chef. Kebersihan lingkungan, kebersihan alat-alat memasak, kebersihan bahan makanan, dan personal hygiene dari seorang chef itu sendiri.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Baju Chef Modern Berkualitas
Ilustrasi pakaian dan kelengkapan chef yang lain untuk menjaga higienisnya makanan. Sumber : Istockphoto.com

Kebersihan yang tidak dijaga berpotensi  menimbulkan dampak negatif yaitu keracunan makanan. Oleh sebab itu, penerapan peraturan tentang sanitasi dan higiene harus sangat dimaksimalkan. Bahkan seorang chef memerlukan baju chef beserta atribut tambahan yang berfungsi untuk menjaga kebersihan, diantaranya: 

  • Hat cook

Hat cook atau topi koki merupakan simbol khas sebagai seorang chef.  Pada awalnya, hat cook berbentuk seperti jamur maupun tabung yang berwarna putih. Seiring perkembangan zaman, ada berbagai jenis desain topi berdasarkan jabatan dapurnya, mulai dari pendek seperti kopiah sampai topi yang berbentuk tinggi. 

Bagaimanapun desain topinya, ternyata topi chef itu memiliki fungsi, yaitu untuk menyerap keringat di dahi dan mencegah rambut jatuh ke makanan. Dengan kata lain topi ini menjaga makanan tetap higienis.

  • Necktie

Syal digunakan oleh chef agar menyerap keringat di area leher sehingga tidak menetes ke makanan. Dengan begitu higienin dari makanan tidak terkontaminasi oleh chef.

  • Side Towel

Sehelai side towel / handuk kecil harus disisipkan di pinggang seorang chef. Side towel umumnya terbuat dari bahan yang mudah menyerap air. Side towel diperlukan untuk menjaga kebersihan tangan seorang chef.

Memiliki profesi sebagai seorang chef tentu tidak hanya mahir dalam mengolah makanan saja. Namun penampilan juga harus diperhatikan agar lebih profesional dan safety. Di atas adalah beberapa cara memilih dan alasan penggunaan baju chef modern. Bagi anda yang memerlukan baju chef berkualitas bisa menghubungi jogjakonveksi.id. Selain baju chef, Jogja Konveksi juga melayani pembuatan seragam mahasiswa

Leave a Comment