Model Seragam Umrah Wanita (Sesuai Syariat dan Nyaman)

Model seragam umrah wanita jadi satu persiapan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Sebagai seorang muslim, keabsahan ibadah adalah dengan tidak menyalahi ketentuan agama. Namun seringkali sebagai wanita, faktor kenyamanan dan penampilan merupakan hal yang tak kalah penting.

Fashion atau busana memang menjadi perhatian tersendiri bagi para kaum hawa. Banyak diantaranya tak hanya sekedar mementingkan syariat, namun juga gaya hidup. Meskipun memakai pakaian yang bagus tidak dilarang dalam Agama Islam, namun yang terpenting adalah tidak keluar dari syariat. Allah SWT berfirman :

“Wahai Nabi katakanlah kepada wanita-wanita mukminah, hendaklah mereka menahan pandangan mereka, memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang terbiasa tanpak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kerudung ke dada mereka”. (TQS An-Nur : 31)

Dengan adanya aturan tersebut sudah selayaknya model seragam umrah wanita menyesuaikan. Saat ini telah banyak biro travel umrah yang memberikan penjelasan berkaitan hal ini sebagai salah satu layanan jasa mereka. Namun bagi anda yang menginginkan referensi lain, kami berikan beberapa informasinya.

Model seragam umrah wanita penting untuk identitas, sumber : pixabay.com
Seragam membantu untuk identitas jamaah, sumber : pixabay.com

Referensi Seragam Umrah Wanita

Sebagai salah satu cara memudahkan identitas ketika bercampur dengan jamaah lain di Tanah Suci, keberadaan seragam begitu penting. Dan referensi berikut bisa anda jadikan pertimbangan saat memilih jasa travel penyedia layanan paket umroh ataupun haji.

1. Model Busana Abaya

Model busana satu ini merupakan satu jenis pakaian yang sangat populer di Arab. Meskipun pakaian dengan model ini cocok digunakan setelah melaksanakan tahallul, namun bisa juga digunakan saat momen lain. Jika dilihat secara teliti, pakaian ini terlihat mirip mantel atau jubah yang bisa menutupi seluruh badan.

Saat ini ada beragam jenis pilihan busana abaya. Beberapa diantaranya adalah abaya daffa, abaya swaeyah dan abaya bordira. Dengan bentuk yang sederhana serta mampu menutup seluruh tubuh tentu hal tersebut cocok bagi wanita utamanya dari segi syariat.

2. Tunik Panjang dan Rok Panjang

Meskipun menggunakan pakaian langsung (jilbab) dan sambungan masih ada perbedaan pendapat diantara ulama, referensi ini bisa anda pertimbangkan. Karena dengan menggunakan busana tunik panjang dan rok yang panjang tentu fungsinya akan sama dalam menutup aurat.

Saat ini model pakaian ini banyak diminati oleh jamaah umrah wanita. Selain dinilai tidak menyalahi aturan agama juga tetap modis. Anda bisa memilih warna yang tidak mencolok agar tidak menarik lawan jenis.

3. Gamis

Salah satu model pakaian yang sering digunakan oleh jamaah umrah adalah gamis. Pakaian ini mendapatkan minat karena selain dipandang tetap sesuai aturan agama juga nyaman dan simpel. Sebagaimana diketahui bersama bahwa tujuan ibadah umrah untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala maka model ini bisa dipilih agar tidak menganggu kekhusyukan.

Model seragam umrah wanita banyak pilihannya, sumber : unsplash.com
Gamis adalah salah satu model pilihan, sumber : unsplash.com

Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai memilih gamis yang ketat atau tipis. Alih-alih menjauhkan dari menarik perhatian lawan jenis, yang demikian justru sebaliknya. Maka alangkah bijaksana jika menggunakan gamis longgar dan panjang.

4. Balloon Sleeve

Saat ini fashion ballon sleeve telah diaplikasikan pada busana wanita. Adanya kesan seperti balon pada bagian lengan ini selain memberikan kesan kenyamanan karena longgar, juga memberi kesan feminim. Namun tetap jika akan menggunakan model ini perlu penyesuaian sedemikian rupa agar tidak menampakkan aurat pada bagian tangan.

5. Flare Maxi Dress

Model pakaian yang satu ini keberadaannya mendapatkan antusias yang besar bagi para muslimah. Bentuknya yang mirip dengan gamis namun memiliki kerutan pada bagian pinggang ini sering menjadi incaran bagi mereka yang baru hijrah. Selain cocok digunakan sebagai referensi seragam pernikahan keluarga muslim, model pakaian ini juga cocok digunakan umrah.

Panjang kain yang sampai sejajar dengan mata kaki membuatnya bisa menutup aurat. Tinggal ditambahkan kaos kaki maka aturan Agama Islam pun terlengkapi. Jika anda ingin terlihat lebih maksimal dalam penampilan, sandal stupped bisa anda gunakan.

Namun ditengah banyaknya variasi yang muncul saat ini sebaiknya tidak memilih sembarangan. Perlu penyesuaian dengan keperluan baik pada bahan ataupun warna. Sehingga saat digunakan dalam acara formal tidak akan membuat malu dan saat acara informal tetap terkesan casual.

Itulah beberapa pakaian yang bisa anda gunakan sebagai pilihan seragam saat melaksanakan rangkaian ibadah umrah. Namun saat pemberangkatan ataupun kepulangan tentu anda bisa menggunakan seragam lain. Beberapa yang bisa dijadikan referensi adalah seragam kain batik, seragam pengajian dan lain sebagainya.

Model seragam umrah wanita salah satunya batik, sumber : republika.co.id
Seragam batik bisa dijadikan salah satu referensi, sumber : republika.co.id

Catatan Model Seragam Umrah Wanita

Selain memiliki seragam yang bisa dijadikan ciri khas ada hal lain yang perlu diperhatikan. Terlebih saat melakukan rangkaian ibadah umrah yang sering berbaur dengan jamaah lain. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, catatan berikut perlu untuk kelengkapan :

1. Kain yang Serap Keringat

Saat akan membuat seragam ada seragam sebaiknya memilih kain yang mampu menyerap keringat. Cuaca Timur Tengah yang panas tentu akan membuat produksi keringat berlebih. Dengan kain yang cepat dalam menyerap keringat akan menambah rasa nyaman dan kekhusyukan. Beberapa kain yang bisa digunakan adalah jenis spandex ataupun jersey.

2. Warna Netral

Selain itu memilih warna netral bisa dipilih agar tidak menarik perhatian lawan jenis. Soal ibadah umrah bukanlah perlombaan memadupadankan warna. Anda bisa memilih warna netral seperti putih, abu-abu ataupun hitam. Dengan demikian akan menambah kekhusyukkan dalam ibadah umrah.

3. Tanda Pengenal

Jika anda ingin tanda pengenal terkesan menyatu dengan seragam, syal bisa menjadi pilihan. Bisa membuat syal yang seragam dengan jamaah agar ketika terpisah dari rombongan mudah dicari. Terpisah dari rombongan saat disana akan merepotkan jika tak mempunyai kemampuan bahasa. Maka disanalah anda membutuhkan tanda pengenal.

Nah itulah yang bisa dijadikan pertimbangan ketika anda akan melaksanakan ibadah umrah. Dengan menggunakan seragam tentu akan memiliki banyak manfaat. Daeri semangat kebersamaan hingga keserasian. Memiliki seragam yang sama baik dalam pemberangkatan, rangkaian ibadah umrah dan kepulangan dapat direncanakan mulai saat ini.

Leave a Comment