Ingin Bisnis Kain Printing? Ini Yang Perlu Anda Pertimbangkan

Dunia fashion selalu mengalami perubahan yang siginfikan. Perubahan yang dinamis tersebut dipengaruhi banyak hal yang salah satunya adalah karena tren yang dibawa oleh para artis maupun tokoh. Tentunya fashion yang selalu berubah ini turut berpengaruh pada para produsen.

Para produsen dalam dunia fashion selain harus peka di dalam meilihat potensi pasar, mereka juga harus bisa mengkombinasikan produk mereka sedemikian rupa dengan gambar ataupun simbol yang diterapkan. Sehingga dalam pembuatan gambar ataupun simbol tersebut mereka juga membutuhkan bantuan dari ahli yang memiliki keterampilan di dalam hal itu.

Jika masa lalu yang paling populer soal pewarnaan dan penerapan gambar pada busana ataupun produk fashion adalah para tukang sablon, berbeda dengan hari ini. Meski keberadaan para tukang sablon tetap eksis dan dibutuhkan namun ada pendatang baru yang tentunya cukup membantu dalam hal pewarnaan fashion.

Salah satu yang terbilang baru dalam dunia pewarnaan pakaian adalah adanya mesin printing yang memang diproduksi untuk mencetak gambar ataupun warna pada kain. Banyak perusahaan kontruksi di Jakarta yang membuatkan bangunan khusus untuk mereka yang mulai membuka bisnis dalam bidang ini. Banyak pula bangunan yang dibuat telah disesuaikan dengan keperluan yaitu pencetakan kain dengan mesin.

Mesin printing membantu dalam produksi, sumber : texco.co.id

Mesin yang cukup populer dan sering digunakan untuk mendukung bisnis printing kain adalah EPSON Sure Color SC-F6330. Mesin tersebut terbukti cukup baik dalam memproduksi kain printing. Namun jika anda menginginkan mesin yang lain saat ini sudah ada mesin pendatang baru contohnya adalah dari produksi TEXCO.

Prospek Bisnis Kain Printing

Tentu hal yang paling kita pertanyakan dalam sebuah bisnis adalah bagaimana prospeknya bukan? Tak terkecuali dalam bisnis kain printing ini. Hal tersebut adalah sesuatu yang lumrah ketika ingin melakukan sebuah bisnis.

Soal prospek pastinya sangat berkaitan erat dengan kebutuhan pasar. Semakin banyak masyarakat yang membutuhkan sesuatu maka disana tentunya semakin besar prospeknya. Namun jika sebaliknya, tentunya prospek tidak begitu besar. Namun bukan berarti tidak bisa membangun sebuah bisnis, tetap bisa asalkan anda bisa memberikan pengaruh disana.

Dan untuk prospek bisnis kain printing ini anda dapat melihat dari bagaimana kebutuhan masyarakat pada fashion. Masyarakat Indonesia terbilang cukup senang mengikuti fashion yang ada. Biasanya mereka akan ikut-ikutan membeli sebuah produk jika telah ada seseorang yang mereka idolakan memakainya.

Selain itu kecenderungan masyarakat Indonesia untuk berkelompok dan berkumpul pun memberikan peluang bagi bisnis ini. Contohnya saja bisnis olahraga yang sedang marak saat ini. Orang-orang yang berkecimpung dalam dunia olahraga pasti mereka akan membutuhkan seragam sebagai identitas sebuah tim olahraga seperti yang ada pada sepakbola.

Bahkan hanya sekedar komunitas hobi pun saat ini juga bermetafora dengan seragam jersey yang sering mereka gunakan. Ataupun komunitas mancing juga tidak mau ketinggalan. Mereka biasanya dalam membuat baju komunitas tidak akan hanya sekali saja, mereka akan sering membuat lagi apalagi jika ada pertambahan anggota baru.

Maraknya komunitas turut memberi peluang, sumber : pusatcustom.com

Tentu hal-hal tersebut menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh orang yang ingin memiliki bisnis printing. Jika sekedar mengandalkan jasa sablon tentunya tidak akan mampu menampung pesanan jika suatu saat mengalami lonjakan pemesanan.

Perubahan fashion yang tidak hanya sekedar menjadi kebutuhan membuat pabrik konveksi dan jasa kain printing semakin dibutuhkan. Bahkan pabrik konveksi terbesar tetap bisa mendapatkan pangsa pasar yang baik untuk mencukupi kebutuhan yang ada.

Keunggulan Kain Printing

Selain propek yang ada di atas, keberadaan kain printing pun juga memiliki keunggulan yang bisa menjadikannya banyak peminat. Beberapa keunggulan penggunaan mesin untuk produksi kain printing antara lain :

1. Mampu Mencetak Bagian Detail

Penggunaan mesin pada produksi kain printing membuatnya detail dalam mencetak berbagai desain. Sehingga bagi anda yang ingin mendapatkan logo ataupun gambar yang bagus serta mengharuskan detail pada bagian tertentu, cara yang satu ini bisa anda aplikasikan.

Desain pun tinggal dikerjakan pada komputer. Desain apapun yang ingin dibuat tidak perlu khawatir dengan hasilnya. Bahkan jika anda berkeinginan untuk memenuhi semua kain pada fashion,  hal tersebut bukanlah mustahil untuk didapatkan.

Bahkan jika anda suka mendesain sendiri, anda bisa mendesainnya dirumah. Kemudian datang ke tempat printing hanya untuk mencetaknya saja. Dengan demikian tentu kepuasan akan lebih anda rasakan, terlebih kain yang diprint memang untuk keperluan komunitas anda.

Baca Juga : Tips Membersihkan Noda Madu Pada Kain

Hasil dari mesin lebih detail, sumber : mesindigitalprinting.biz

2. Mengakomodir Banyaknya Pesanan

Selain keunggulan diatas, mencetak kain dengan cara printing juga mampu untuk menanggulangi pesanan yang sewaktu-waktu datang dengan jumlah yang besar. Berapapun yang akan dicetak pastinya dengan menggunakan mesin mampu untuk mengejar target tersebut.

Bahkan jika seandainya dikejar deadline, penggunaan mesin juga bisa untuk menutupinya. Apalagi jika mesin printing yang dimiliki tidak hanya satu buah, maka tentu tidak akan membuat rasa cemas saat dikejar deadline.

Nah itulah beberapa yang bisa anda pertimbangkan saat ingin membuka bisnis kain printing. Walaupun harga dari mesin terbilang cukup mahal, namun jika sudah mendapatkan pelanggan dan melihat peluang pasar bisa jadi modal akan cepat kembali.

Sudahkah anda membulatkan tekat untuk membuka bisnis yang satu ini? Jika serius ingin memiliki bisnis kain printing ini tetap kumpulkan referensi yang lain agar semakin yakin untuk memulai. Semoga anda sukses dan lancar dalam menjalankan bisnis.

Leave a Comment