Inilah 7 Jenis Kain Satin yang Beredar di Pasaran

Satin adalah salah satu jenis kain yang terkenal lembut dan memiliki kilau yang elegan. Ada beberapa jenis kain satin yang beredar di pasaran dan masing-masing memiliki karakteristik sendiri.

Bahan satin umumnya digunakan untuk membuat pakaian formal, gaun pesta, baju tidur, syal, dan berbagai aksesori fashion lainnya. Alasan mengapa banyak orang menyukai kain satin adalah karena teksturnya yang lembut dan tidak mudah kusut.

Jenis-Jenis Kain Satin

Pada awalnya kain satin dibuat menggunakan benang sutra. Namun karena harganya yang mahal kain satin yang beredar di pasaran kebanyakan terbuat dari serat tiruan seperti asetat, poliester, rayon, dan nilon.

Berikut ini adalah jenis-jenis kain satin yang beredar di pasaran dan banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk pembuatan aneka macam produk tekstil.

1. Satin Sutra

Kain satin sutra, Sumber: tekstil.id
Kain satin sutra, Sumber: tekstil.id

Jenis kain satin yang pertama ada satin sutra. Satin sutra merupakan kain terbuat dari serat sutra alami. Oleh karena itu tak heran jika kain satin sutra tampak sangat mewah dan eksklusif.

Kain satin sutra memiliki tekstur yang sangat halus sehingga sering dijadikan sebagai simbol keagungan dan kemewahan. Kelebihan tersebut membuat kain satin sutra banyak dimanfaatkan untuk membuat baju pernikahan, gaun pesta, atau pakain formal lainnya.

Disamping itu kain satin sutra juga banyak digunakan untuk membuat syal, selendang, dan sarung tangan. Tampilannya yang lembut dan berkilau mampu memberi sentuhan kemewahan pada outfit Anda.

2. Satin Biasa

Satin biasa adalah jenis kain satin yang paling banyak beredar di pasaran. Kain satin biasa terbuat dari serat sintetis, serat alami sutera atau polyester. Satin polyester cukup diminati karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan sutra. 

Ciri khas dari kain satin biasa adalah tampilannya mengkilap di salah satu sisi dan sisi lainnya sedikit lebih kusam. Keindahan kain satin biasa terletak pada kemampuannya untuk memantulkan cahaya yang mampu memberikan efek kilauan yang mewah dan elegan. 

Kain ini sering digunakan untuk membuat pakaian formal, gaun malam, blus, dasi, syal, dan pita. Selain itu kain satin biasa juga digunakan dalam dekorasi rumah seperti gorden dan sprei untuk tampilan yang lebih glamor.

3. Satin Katun

Kain satin katun, Sumber: susercontent.com
Kain satin katun, Sumber: susercontent.com

Jenis kain satin yang ketiga ada satin katun. Kain satin katun terbuat dari serat alami sehingga didapat jenis kain yang unik. Perpaduan antara kilau satin dengan serat katun yang lembut membuat kain yang satu ini terasa nyaman dipakai.

Meskipun tidak selembut satin sutra, satin katun tetap memiliki tampilan yang mewah dan elegan sehingga sangat cocok digunakan untuk bahan dasar pembuatan blus, rok, dress, baju formal, atau bahan pakaian sehari-hari.

Salah satu alasan mengapa satin katun banyak diminati adalah karena harganya yang cukup terjangkau namun memiliki tampilan yang mewah. Jadi Anda bisa tetap tampil elegan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

4. Satin Polyester

Satin polyester terbuat dari serat sintetis sehingga memiliki karakter yang kuat dan tahan lama. Karena sangat kuat, baju yang terbuat dari bahan satin polyester akan selalu tampak berkilau meskipun sudah dipakai berkali-kali.

Cara merawat baju yang terbuat dari satin polyester sangatlah mudah. Anda bisa mencuci seperti biasa tanpa perlu perlakuan khusus. Karena sifatnya yang kuat, satin polyester cocok digunakan untuk membuat baju pesta, aksesori, atau dekorasi yang akan digunakan berulang.

5. Satin Charmeuse

Jenis kain satin yang satu ini tidak hanya berkilau saja akan tetapi juga memiliki tekstur yang licin. Kain satin charmeuse biasanya sering dimanfaatkan untuk bahan pembuatan lingerie karena tampak mewah dan anggun.

Lingerie yang terbuat dari kain satin charmeuse akan mengalir mengikuti lekuk tubuh. Meskipun permukaannya tampak seperti kain satin biasa, kain satin charmeuse jauh lebih kuat. Jadi baju lingerie tidak akan mudah sobek meskipun kelihatannya tampak tipis. 

6. Satin Duchesse

Duchesse berasal dari bahasa Perancis yang berarti “bangsawan.”  Dinamakan kain duchesse karena kain satin duchesse mampu memberikan kesan mewah, elegan, dan anggun. Satin duchesse cocok digunakan untuk membuat baju-baju formal.

Baju formal yang dimaksud adalah jenis baju yang dipakai untuk acara-acara besar seperti baju pernikahan, pesta, penghargaan, atau lainnya. Bahkan satin duchesse banyak dimanfaatkan oleh para desainer untuk memproduksi baju rancangannya.

Beberapa orang juga menyebut kain satin duchesse sebagai bridal satin. Karakteristik dari satin duchesse adalah memiliki tekstur yang lebih mengkilap dan kaku. Namun sayangnya satin duchesse memiliki harga yang cukup mahal.

7. Satin Crepe

Kain satin crepe, Sumber: mytextilefabric.com
Kain satin crepe, Sumber: mytextilefabric.com

Jenis kain satin yang terakhir kita bahas adalah satin crepe. Satin crepe memiliki permukaan yang sedikit kasar dan bertekstur. Namun hal tersebut justru membuat tampilan satin crepe terlihat unik dan menarik.

Meskipun sedikit lebih kasar jika dibandingkan jenis kain satin lainnya, satin crepe tetap memiliki ciri khas seperti kain satin pada umumnya yaitu tampak berkilau dan mewah. Satin crepe cocok digunakan untuk membuat baju formal atau gaun pesta.

Kain satin crepe termasuk jenis kain double face yang kedua sisinya bisa dipakai. Sedangkan untuk tingkat ketebalannya ada di tingkat medium. Hal tersebut membuat satin crepe cukup kuat dan tidak mudah sobek.

Itulah 7 jenis kain satin yang banyak beredar di pasaran. Dari jenis-jenis kain satin yang sudah disebutkan di atas, kebanyakan lebih cocok dipakai untuk bahan pembuatan baju-baju formal atau baju pesta.

Bahan satin kurang cocok untuk membuat baju olahraga ataupun kaos. Jika Anda ingin membuat baju olahraga ataupun kaos sebaiknya pilih bahan lain seperti katun, polyester, atau jersey. Bahan-bahan tersebut mampu menyerap keringat dan adem di kulit.

Sedangkan untuk membuat tampilan baju olahraga atau kaos tampak lebih menarik, sablon kaos dengan desain yang keren. Untuk masalah sablon-menyablon JKID adalah ahlinya. JKID adalah jasa sablon kaos Jogja yang melayani pemesanan untuk berbagai keperluan.

Leave a Comment