Inilah Kelebihan & Kekurangan Bahan Kain Nilon yang Perlu Anda Pahami

Bahan kain nilon telah banyak digunakan di dunia industri tekstil karena sifatnya yang kuat, tahan lama, dan mudah dirawat. Serat sintetis yang awalnya dikembangkan sebagai alternatif untuk sutra ini telah dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai macam produk.

Sebagai jasa sablon kaos Jogja, JKID biasanya memanfaatkan kain nilon untuk membuat pakaian olahraga atau jaket. Kain nilon dipilih karena sangat kuat sehingga cocok digunakan untuk pembuatan pakaian yang membutuhkan daya tahan dan kekuatan tinggi.

Kelebihan Kain Nilon

Kelebihan kain nilon, Sumber: azurewebsites.net
Kelebihan kain nilon, Sumber: azurewebsites.net

Bahan kain nilon memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya banyak dimanfaatkan untuk pembuatan produk pakaian. Berikut ini adalah beberapa kelebihan kain nilon yang perlu Anda ketahui.

1. Kuat dan Tahan Lama

Kain nilon merupakan salah satu jenis kain yang kuat dan tahan lama. Kain nilon terbuat dari 100 persen serat buatan sehingga tidak mudah sobek. Oleh karena itu banyak produk pakaian outdoor yang terbuat dari bahan nilon.

Kain nilon juga menjadi salah satu bahan dasar pembuatan baju renang. Hal itu karena kain nilon memiliki sifat elastis sehingga mampu mengikuti lekuk tubuh. Baju renang yang dapat mengikuti bentuk tubuh akan memudahkan Anda untuk bergerak bebas di dalam air.

2. Cepat Kering

Kain nilon cepat kering karena memiliki sifat hidrofobik sehingga tidak mudah menyerap air.  Serat pada kain nilon juga halus dan tidak berpori sehingga bisa membuat air mengalir dan menguap dengan cepat.

Jadi apabila kain nilon dijadikan bahan untuk membuat jaket maka akan cepat sekali kering jika terkena air hujan. Sedangkan kain nilon yang dijadikan tas atau gorden maka akan cepat kering ketika Anda mencucinya.

3. Mudah Dibersihkan

Karena beberapa alasan, terkadang pakaian atau produk yang kita pakai secara tidak sengaja terkena tumpahan noda. Kondisi tersebut tentu saja akan sangat menjengkelkan karena kotoran yang menempel bisa membuat tampilannya menjadi tidak sedap dipandang.

Salah satu kelebihan dari bahan kain nilon yang cukup menarik yaitu mudah dibersihkan. Anda tidak perlu khawatir jika ada noda atau kotoran yang menempel karena nilon merupakan jenis bahan yang mudah dibersihkan.

4. Ringan

Selain mudah dibersihkan, sifat kain nilon yang tidak kalah menarik adalah memiliki bobot yang ringan. Oleh karena itu, bahan nilon sangat cocok dijadikan pakaian olahraga karena tidak akan membebani tubuh untuk bergerak aktif.

Alasan tersebut juga membuat kain nilon banyak dimanfaatkan untuk pembuatan tas ransel.  Tas yang terbuat dari kain nilon akan membuat Anda tetap merasa nyaman meskipun menggendongnya dalam waktu yang lama.

Kekurangan Kain Nilon

Kekurangan dari kain nilon, Sumber: amazonaws.com
Kekurangan dari kain nilon, Sumber: amazonaws.com

Meskipun memiliki banyak kelebihan yang bisa membuat kita tertarik untuk memilih kain nilon, namun ada beberapa kekurangannya juga. Berikut ini adalah beberapa kekurangan kain nilon yang perlu Anda ketahui.

1. Mudah Terbakar

Nilon adalah jenis kain yang sangat mudah terbakar. Hal itu karena bahan dasar untuk membuat bahan kain nilon merupakan monomer poliamida yang diekstrak dari minyak bumi. Polimer tersebut memiliki titik leleh yang relatif rendah yaitu sekitar 220°C.

2. Kurang Nyaman

Bahan kain nilon terasa kurang nyaman di kulit karena tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Hal tersebut membuat keringat yang keluar saat Anda beraktivitas terperangkap di atas kulit sehingga terasa lembab dan lengket.

3. Tidak Ramah Lingkungan

Nilon merupakan jenis kain yang terbuat dari serat sintetis sehingga tidak mudah terurai jika sudah dibuang ke alam. Oleh karena itu penggunaan kain nilon akan memberi dampak buruk terhadap kelestarian lingkungan.

Jenis-Jenis Kain Nilon

Jenis-jenis kain nilon, Sumber: gpl.net.in
Jenis-jenis kain nilon, Sumber: gpl.net.in

Ada beberapa jenis kain nilon yang beredar di pasaran. Masing-masing jenis memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis kain nilon yang umum digunakan dalam industri tekstil.

1. Nilon 6.6

Nilon 6.6 merupakan jenis kain yang terbuat dari polimer poliamida dengan struktur kimia khusus. Kain nilon 6.6 sering digunakan dalam pembuatan pakaian, tas, dan perlengkapan outdoor karena sangat kuat dan tahan.

2. Nilon 6

Nilon 6 juga terbuat dari polimer poliamida, akan tetapi memiliki struktur molekul yang berbeda. Nilon 6 sering dimanfaatkan untuk bahan pembuatan karpet, kain anti air, dan perlengkapan industri.

3. Nylon Spandex

Nilon spandex terbuat dari campuran antara serat nilon dengan spandex. Hal itu membuat nilon spandek memiliki sifat elastis. Biasanya nilon spandex banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuatan pakaian olahraga, pakaian renang, atau pakaian dalam.

4. Nilon Taffeta

Nilon taffeta memiliki tampilan yang halus dan mengkilap. Bahan kain nilon taffeta banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk membuat payung, jas hujan, atau jaket anti air karena sifatnya yang tahan air.

5. Nilon Ripstop

Kain nilon ripstop memiliki sifat yang kuat sehingga tidak akan mudah sobek. Biasanya kain nilon ripstop dimanfaatkan untuk bahan pembuatan tas ransel atau tenda untuk menambah kekuatan dan ketahanan.

Jaket dan Tas Custom di JKID

Jaket custom di JKID, Sumber: ozzakonveksi.com
Jaket custom di JKID, Sumber: ozzakonveksi.com

Jaket dan tas merupakan produk yang bisa dibuat dari kain nilon. Tampilan jaket dan tas tentu akan semakin terlihat keren jika ditambah dengan gambar yang dibuat secara custom. Jadi Anda bisa menentukan sendiri gambar yang ingin tersemat di atasnya.

JKID memang terkenal sebagai jasa sablon kaos Jogja, akan tetapi kami juga bisa melayani pemesanan jaket dan tas secara custom. Kami melayani pemesanan untuk kebutuhan pribadi, kantor, komunitas, ataupun untuk dijual lagi.

Jika tertarik Anda bisa menghubungi admin kami untuk berkonsultasi seputar harga, produk, bahan, dan informasi lain yang Anda butuhkan melalui kontak yang tersedia di website ini.

Leave a Comment